Sentuhan Cinta bersama JOHNSON’S®




Seminggu yang lalu, Rabu, 5 Juni 2018, saya hadir di acara Temu Komunitas The Urban Mama bersama JOHNSON’S® dengan tema Sentuhan Cinta. Acara ini bertujuan untuk:
Memperkenalkan inisiatif terbaru JOHNSON’S® Sentuhan Cinta ke masyarakat luas, terutama kaum ibu di Indonesia.
Meningkatkan awareness mengenai pentingnya sentuhan cinta ibu bagi kesehatan dan perkembangan bayi.
Mendorong ibu di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam membantu bayi yang kurang beruntung agar mereka dapat tetap tumbuh, berkembang dan menggapai impian mereka.

Senang rasanya ketika tahu JOHNSON’S® mengambil peran untuk fokus tidak hanya pada perkembangan anak secara fisik tapi juga secara holistik.

Program Sentuhan Cinta mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi . Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian mereka.

Dalam program ini JOHNSON’S® bekerja sama dengan Save The Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalu program “Kesehatan Ibu dan Anak”.

Kedua anak saya sudah berusia 8 tahun dan 2.5 tahun tapi saya masih ingat betul kebiasaan saya untuk memijat mereka sehabis mandi. Walaupun saya sudah tidak begitu ingat step by step proses memijat tapi mereka selalu terlihat menikmat bahkan tak jarang mereka tertidur dalam prosesnya. Jadi saya sangat excited untuk belajar lebih detail mengenai program Sentuhan Cinta ini.

Nah, di acara ini, saya jadi tahu bahwa banyak sekali manfaat pijat bayi, seperti :


  • Kontak fisik adalah ikatan emosional pertama bayi dengan ibu mereka. Hal tersebut membantu mereka untuk merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi serta pembelajaran. 
  • Sentuhan sederhana penuh cinta seperti yang dilakukan melalui ritual pijat dan mandi dapat menjadi waktu yang tepat untuk membantu ikatan ibu dan bayi.
  • Kegiatan penuh cinta ini juga dapat memicu stimulasi multisensorik yang membantu perkembangan psikologis dan emosional bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imunitas tubuh bayi.

Oh iya, acaranya sendiri dibuka oleh Mbak Ciska Becker yang sedang hamil anak ketiga tapi tetep stylish dan super kece. Lalu dilanjutkan sambutan oleh Mbak Wynne, Brand Manager dari JOHNSON’S® Baby. Mbak Wynne menceritakan pengalaman pribadinya mengasuh sang anak dan kebiasaan untuk memijat bayinya. Lalu bercerita bahwa menurut penelitian lebih dari 70.000 bayi Indonesia tidak bertahan lebih dari 28 hari. Sedih ya. JOHNSON’S® berharap dengan adanya program Sentuhan Cinta, dapat membantu meningkatkan awaraness pentingnya kontak ibu dan anak. Karena Pijat bayi dapat memperlancar peredaran darah dan memperkuat daya tahan tubuh bayi untuk mendukung dia bertahan melewati 28 hari pertamanya.



Di sesi bersama Mbak Wynne ini juga, peserta menonton beberapa video perjalanan JOHNSON’S® keliling Maluku, Sumba dan Sumatera Utara yang konon angka kematian bayinya relatif tinggi. Rasanya terharu sekali melihat sumbangsih JOHNSON’S® dalam usahanya membantu berkontribusi terhadap tumbuh kembang bayi di Indonesia.


Berikut beberapa link YouTube  untuk melihat secara lengkap perjalanan  JOHNSON’S® dalam usahanya menyebarkan gerakan #SentuhanCinta.

Selepas pembukaan oleh Mbak Wynne, Acara dilanjutkan ke sesi materi yang sangat menarik oleh dr. Matahari Harumdini, Sp. A . Materi diawali dengan penjelasan  tentang stimulasi indera sejak dini dan manfaatnya. Karena pijat bayi ada hubungannya dengan stimulasi tersebut.



Bonding atau ikatan
Dari sejak hamil sudah ada bonding antara ibu dengan bayi. Dari sejak bayi dilahirkan, ia akan menggunakan inderanya untuk melanjutkan bonding yang dimulai dari kandungan. Ikatan dari darahnya, yaitu plasenta. Dan hormon hormon stress pada ibu juga mengalir ke bayi. Konon ini terjadi di kedua anak saya, ketika mengandung anak kedua saya, Aimee, saya merasa jauh lebih tenang dibanding ketika anak pertama. Hasilnya bener banget, Aimee cenderung lebih tenang dibanding kakaknya. Karena itu ketika hamil, penting untuk menjaga emosi tetap stabil dan yang pasti harus tetep happy ya!

Perkembangan fisik

Stimulasi itu sendiri yaitu multi sensori yang mencakup penglihatan, penciuman, perabaan, pendengaran, pengecap dan keseimbangan.. Stimulasi pijat harus dengan suasana yang menyenangkan dan penuh kasih sayang. Bukan stimulasi yang memaksa maksa hingga bayi merasa tidak nyaman dan akhirnya menangis.

Pada kulit bayi terdapat lebih dari lima juta syaraf sensitif yang ketika dirangsang dengan lembut akan memacu produksi hormon oksitosin, hormon yang terkait langsung dengan perasaan bahagia. Sejumlah riset menunjukkan bahwa kebahagiaan menjadi faktor penunjang penting dalam mendorong tumbuh kembang bayi, baik secara fisik maupun secara psikis. Oleh sebab itu, aktivitas pijat bayi yang Ibu lakukan dengan penuh cinta mampu memaksimalkan kecerdasan si Kecil sejak dini.

Yang paling ditunggu dan paling seru adalah sesi memijat bayi, yang dipraktekkan langsung oleh Ibu Ina. Peserta yang tidak membawa bayi, diberi boneka bayi untuk praktek langsung beserta fasilitator yang menjelaskan secara langsung. Setidaknya ada satu fasilitator untuk 2-3  peserta. Jadi kami bisa puas bertanya secara detail tenang teknik pemijatan yang tepat. Aduh, pokoknya acaranya komprehensif sekali. Rasanya ingin memiliki bayi lagi #eh.



Nah dibawah ini ada rangkuman Teknik Pijat Bayi yang saya sadur dari blog Rina yang super lengkap! Untuk lebih lengkapnya baiknya baca dari blog Rina ya, karena saya hanya menuliskan poin-poinnya saja disini.

Teknik Pijat Bayi sendiri meliputi:
  1. Pijatan Wajah.
  2. Pijatan Dada.
  3. Pijatan Perut.
  4. Pijatan Tangan.
  5. Pijatan Kaki.
  6. Pijatan Punggung.
Pijatan Wajah
  • Caress Love yaitu sentuhan cinta. Gerakan mengusap dengan rasa sayang dimulai dari garis tengah wajah ke arah samping. Gerakan ini menggunakan telapak tangan di ulang sebanyak 6 kali dengan itungan masing masing 8
  • Relax yaitu pijatan daerah alis. Pijat daerah di atas alis dari tengah ke samping menggunakan kedua ibu jari.
  • Circle Down yaitu pijatan memutar membentuk lingkaran. Pijat mulai dari kedua sudut mata bagian dalam turun melewati pangkal hidung sampai tulang pipi, dengan gerakan memutar perlahan menggunakan ibu jari atau jari telunjuk.
  • Smile yaitu senyuman. Pijat di atas mulut bayi menggunakan ibu jari dari jari tengah ke samping kemudian ke arah pipi seperti senyuman bayi lalu pijat di atas dagu mulai dari tengah ke samping menuju ke arah pipi seolah membuat bayi tersenyum.
  • Cute yaitu pijatan daerah belakang telinga. Akhiri pijatan wajah dengan gerakan lingkaran kecil mulai dari daerah di bawah telinga menuju dagu dengan menggunakan tiga jari.
Pijatan Dada
  • Butterfly yaitu pijatan kupu – kupu. Letakkan kedua telapak tangan di tengah dada bayi. Lalu gerakkan kedua telapak tangan ke atas sampai sampai di bawah leher kemudian ke samping, ke bawah, dan kempali ke tengah tanpa mengangkat tangan, menyerupai sayap kupu-kupu. 
  • Cross yaitu pijatan menyilang. Letakkan kedua telapak tangan di kedua sudut tulang rusuk terbawah. Lalu pijat menyilang dengan telapak tangan dari pinggang ke arah bahu dan sebaliknya, bergantian 
  • kanan dan kiri.
Pijatan Perut

  • MengayuhLetakkan telapak tangan kanan di bawah tulang iga dan hati. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai di bawah pusar. Lalu ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali. Itungan tangan kanan 4 hitungan, kiri 4 hitungan, jadi total hitungan tetap 8. di ulangi sebanyak 6 kali.
  • Bulan Matahari. Pijat dengan telapak tangan kanan, mulai dari perut kanan bawah bayi ke atas menuju ke perut kiri bawah bayi searah jarum jam atau gerakan bulan. Lanjutkan pijatan dengan tangan kiri dengan gerakan berputar mulai perut sebelah kanan bawah bayi ke atas mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh atau gerakan matahari. Gerakan ini dilakukan tidak terputus. Patokannya adalah tangan kiri kita memutar terus, tangan kanan hanya setengah lingkaran. Hitungan tetap 8 kali di ulang sebanyak 6 kali.
  •  I LOVE YOU (satu-satunya gerakan pijat yang saya ingat karena namanya yang khas)
  • Walking Fingers yaitu pijatan jari jari berjalan
  • Relax yaitu gerakan relaksasi
Pijatan Tangan

Milking yaitu pijatan memerah.
Rolling yaitu pijatan menggulung
Squeezing yaitu pijatan memeras.
Thumb after thumb yaitu Pijatan telapak dan punggung tangan
Spiral yaitu pijatan memutar pada telapak dan punggung tangan
Finger Shake yaitu pijatan pada jari
Relax yaitu gerakan relaksasi


Pijatan Kaki

Milking yaitu pijatan memerah
Squeezing yaitu pijatan memeras
Thumb after thumb yaitu pijatan telapak dan punggung kaki
Spiral yaitu pijatan memutar pada telapak dan punggung kaki
Finger Shake yaitu pijatan pada jari
Relax yaitu gerakan relaksasi

Kalau diperhatikan pijatan untuk tangan dan kaki hampir mirip ya?

Pijatan Punggung
  • Go Back Forward yaitu pijatan maju mundur. Tengkurapkan bayi melintang di depan pemijat, dengan kepala di sebelah kiri dan kaki di sebelah kanan pemijat. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Lakukan gerakan maju mundur menggunakan telapak tangan di sepanjang punggung,  dari leher sampai ke bokong bayi. Jika ingin di posisi pangkuan ibu boleh, perhatikan pernafasan bayi yang utama.
  • Slip yaitu pijatan meluncur. Posisi telapak tangan tegak lurus terhadap tulang punggung bayi. Gerakan telapak tangan lurus dari atas ke bawah, dari leher sampai bokong.
  • Mengayuh. Letakkan telapak tangan kanan tegak lurus terhadap tulang belakang. Gerakkan telapak tangan kanan ke bawah dengan tekanan lembut sampai bokong. Ulang dengan telapak tangan kiri secara bergantian beberapa kali.
  • Spiral yaitu pijatan melingkar. Buat gerakan melingkar kecil di sepanjang otot punggung, mulai dari bahu sampai bokong sebelah kiri dan kanan dengan menggunakan tiga jari. Lakukan gerakan teknik ini pada kaki kanan maupun kiri bayi, masing masing sebanyak 6 kali dan setiap gerakan lakukan dalam waktu 8 hitungan. 
  • Menggaruk. Akhiri pijatan punggung dengan membuat beberapa kali belaian memanjang dari leher memuju bokong dengan menggunakan ujung – ujung jari. Lakukan sebanyak 6 kali.
Setelah melewati sesi memijat yang panjang ini hihihi... Tidak terasa sudah mendekati waktu berbuka puasa. Senang sekali ngabuburit kali ini diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Sampai bertemu lagi di kegiatan lainnya ya! Terima kasih The Urban Mama dan JOHNSON’S®.




Oh ya, Program Sentuhan Cinta juga kini dapat menjangkau para ibu di seluruh Indonesia dengan kerjasama yang terjalin bersama Alfamart dan Tokopedia. Setiap transaksi pembelian semua jenis produk JOHNSON’S®Baby minimum Rp. 25.000,- di Alfamart atau di JOHNSON’S® Baby Care Collection di Tokopedia. Setiap transaksi ini, para ibu secara otomatis akan menyumbangkan Rp. 500,- untuk Save The Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka dapat tumbuh kuat dan sehat.  Yuk kita bantu ibu-ibu lain di Indonesia.


No comments