Freelance Yuk!




Sekitar beberapa bulan setelah melahirkan Aimee gw mulai bergerilya cari kerjaan freelance. Sampai akhirnya menemukan situs Lionbridge yang gw dapet dari temen gw, Gama.
Mulai daftar dan ternyata ditolak, simply karena masalah IP. Jadi belakangan gw baru tau kalo ternyata Lionbridge ini ketat banget sama masalah IP. Kebetulan laptop yang waktu itu gw pake adalah laptop kantor yang suka konek VPN otomatis. Jadi mungkin sempet kedetect gw dari kawasan Asia Pasific lain selain Indonesia.
Patah hati berat karena ditolak, malah bikin gw jadi napsu cari-cari freelance lain. Ketemulah sama dua perusahaan lain yaitu Leapforce dan Appen Butterhill.  Gw review ya perjalanannya.

Leapforce

Dari registrasi awal sampai dengan jadwal tes prosesnya cukup cepat. Dan jangan salah ya testnya untuk masuk project Yukon juga cukup susah lho. Harus bener-bener baca panduannya kalo mau lulus. Beberapa temen gw yang gw kasih linknya pun agak ngeluh karena bayangannya ga sesusah itu. Kalo untuk upah sih termasuk menengah, kalau Lionbridge menawarkan $8 per jam, Leapforce menawarkan $6 per jam sementara Appen menawarkan $5 per jam nya. Tapi berita terakhir Leapforce sudah diakuisisi oleh Appen. Tapi untuk rate per jam yang diterima freelancer belum ngefek sih ya mudah-mudahan ga hehe.

Karena gw memulai freelance ini pas Aimee masih bayik piyik banget dan ga punya mbak, berapa bulan setelah gw kerjain gw nyerah ga gw lanjutin sampai akhirnya diputus. GAK SANGGUP. Masalahnya baru buka laptop udah ada yang ngerengek ga yang besar ga yang kecil. Jadi gw let go aja lah akhirnya.

Eh berapa bulan terakhir ini ditawarin project lain namanya Truckee. Lumayan lancar walau dia hanya ngejatahin 1 jam per hari. Tapi lumayanlah buat beli lipstik aja mah insyaAllah cukup. Dan ada hiburan lain lah selain cuci, masak, ngurus anak repeat.
Ini referral link yaa jadi kalo ada yang klik ini terus registrasi dan lolos bekerja untuk Leapforce setelah beberapa bulan gw dapet $25 dari Leapforce.

Kalo ada yang tertarik ini URL untuk registrasinya: 
  https://www.leapforceathome.com/qrp/public/jobs/list?uref=981b2708ae36acd357cad7d4925afcfb

Dibanding project Yukon, project Truckee ini jauh lebih gampang dan lebih menyenangkan buat gw. Jadi ga berasa kerja deh. Sayangnya mereka ga offer untuk lebih banyak jam. Jadi maksimal ya sebulan 30 jam yang mana ini jg biasanya ga sampe karena projectnya blm tentu untuk 1 jam sehari paling rendah sih 45 menit ya.

APPEN
Berbarengan dengan Leapforce gw juga daftar ke Appen, tapi emang Appen ini terkenal prosesnya lama kalo dari referensi baca sana sini. Dari mulai registrasi sampai ada email sekitar 6 bulan terus test dan gw gak lulus karena jawab asal aja. Karena mikir ah gampang. Ternyata zonk emang semuanya kudu ati-ati deh. Kalo secara penampilan, GUI nya lebih bagus dibanding Lionbridge dan Leapforce. Penampakan training dan lainnya lebih menarik juga. Cuma sayangnya Appen ini ngasih rate paling rendah aja. Karena ga lulus dan ga ada referralnya untuk yang mau coba bisa langsung ke webnya Appen aja.

Kadang-kadang gw masih suka iseng coba cari-cari lowongan di Lionbridge atau Appen gara-gara penasaran. Tapi biasanya mereka langsung tolak karena CV gw udah kesimpen disana, jadi mau coba pake email baru jg percuma deh haha…

Udah segitu doank gw mau cerita setelah sekian lama ga nulis apa-apa. Mudah-mudahan bermanfaat ya.

No comments