2016-10-26

Cerita diet Ghiffari - 3

Maaf baru nongol ga sesuai janji mau ngeblog tiap senen. 

Biar gw bisa menyemangati diri sendiri coba kita list yah yang udah kita accomplished selama nyaris 8 bulan Ghiffari diet :

  1. Di cerita sebelumnya gw udah bilang bahwa Ghiffari jadi suka mukul dada dan kepala sendiri (keras banget pulak). Dalam sekitar kira-kira 4 bulan alhamdulillah banget ini reda. Yang pertama hilang pukul dada kalo ga salah setelah 2 bulan hilang sama sekali. Jangan harap ga pake proses ya 3 minggu pertama pas proses detox dan die off, instead of mereda tapi jadi makin menggila. Tapi setelah 3 minggu frekuensinya menurun drastis. Kita mulai bisa melewati hari tanpa pukulan. Saat ini untuk pukul kepala masih on and off gw menyadari bahwa kalo Ghiffari makan too much sugar intake dari buah-buahan (yang sebenernya juga masih ilegal di stage awal) gejala ngotot dan pukul kepala masih suka keluar walaupun frekuensinya short period dan jarang tapi gw blm bisa bilang bersih. Untuk pukul meja atau pintu atau apalah jg sama masih ada sedikit-sedikit tapi ga lama dan itu pun kalo ud ngantuk berat atau moody berat. Tapi masih ada yaa BELUM HILANG semua.
  2. Accomplishment paling membahagiakan tahun ini adalah jreng jreng.... POTTY TRAINING sudah USAI. Jadi ya, setelah gw potty training selama errrrrr 5 years? Kalo untuk pipis lunas diumur 3-4 tahun. Lain halnya untuk pup baru sekitar 2 bulan terakhir kita bener-bener udah lepas Ghiffari. Dari mulai masuk ke kamar mandi, pup, cebok sampe selesai udah mandiri. Padahal gw udah lepas pampers dari 2-3 taun lalu tapi setelah diet ini, mungkin karena udah lebih ngerti juga, dia  ngomong aja gitu sendiri "mau pup", melenggang ke kamar mandi, doing his job, done terus cebok-cebok bersih-bersih. Alhamdulillah... Emaknya langsung sujud syukur!
  3. Seperti yang gw bilang di posting sebelumnya, Ghiffari jadi mendadak suka ngompol setelah gw hamil, ditenggarai secara psikologis dia merasa terganggu akan hadirnya manusia lain diantara kami hehe.. Di awal permulaan diet, Ghiffari selalu ngompol tidur siang tidur malam dan pipis banyak banget di minggu pertama dan kedua. Tapi terus mulai berkurang dan hilang sama sekali di bulan ke 2-3. 
  4. Tidak seperti di bulan-bulan awal yang kalo mau makan gw kudu sembunyi dulu. Sekarang kita semua makan satu meja dan Ghiffari ga pernah minta atau nyolong makanan yang memang tidak disediakan buat dia lagi. Kalo kita tanya "Kenapa ga boleh makan Vetsin/MSG", dia akan jawab "Nanti Aa jadi Error" jadi alhamdulillah nya dia sendiri diberi kesadaran untuk tidak makan yang bisa menimbulkan reaksi dalam hal ini emosi berlebih.


Ihhhhh.... keren banget.. Nah sekarang bagian paitnya haha...
  1. Mensyukuri kenyataan banyak yang sudah diraih, menyadari masih lebih banyak peer kita ke Ghiffari. Dan semangat yang naik turun, ada masanya kendor dan masanya penuh semangat. 
  2. We stop eating out, yang mana sulit mengingat hobi kami sekeluarga makan. Tapi gw jadi dipaksa lebih kreatif masak di rumah. 
  3. Setiap kita coba makan diluar, beberapa berhasil tidak menimbulkan gejolak, tapi beberapa menghasilkan dampak yang memprihatinkan. Jadi tepat pada saat gw menulis ini, gw dan Chaca sedang berpikir untuk kembali ke kehidupan goa dan berenti makan diluar untuk coba-coba hehe.. Lebih kearah yaudah sih ga pergi jalan-jalan sampe 2 taun juga gapapa mestinya. 
Supaya afdol kita kasih foto juragan yang lagi seneng belajar angka dan menghitung plus belajar baca...



Gw lagi ikut course GAPS Diet di HonestBody secara online. Jadi bagi-bagi ilmunya sambil nunggu agak faseh dulu ya hihi...

Sampai jumpa di cerita diet selanjutnya

2016-10-20

Aimee Bedtime Routine

Sebelum kita lanjutin postingan tentang diet Ghiffari, pengen cerita dulu ya soal Aimee. Anak gadis mama yang udah mulai gede ini, alhamdulillah banget ga pernah nyusahin. Mungkin juga karena emaknya udah sedikit lebih berpengalaman dibanding jaman punya Ghiffari dulu, tapi tetep ya masih banyak banget yang harus dipelajari supaya bisa lebih baik. Ga ketinggalan juga produk-produk jaman sekarang udah canggih-canggih banget dibanding 6-7 tahun kebelakang (yaiyalaaah), jadi gw ngerasa kebantu banget. 

Salah satunya yang bikin happy berat adalah waktu tau JOHNSON’S® ngeluarin produk Baby Bedtime yang katanya bisa bikin bayi tambah nyenyak tidurnya. I'm so excited to try!

(ki-ka) baby bedtime lotion, bedtime baby powder dan bedtime baby baby
Langsung deh kemarin sore setelah browsing JOHNSON’S® 3-Step Routine dari JOHNSON’S®, gw cobain ke Aimee step-stepnya.



Step-stepnya juga gampang banget (bisa diklik di link diatas ya buat link langsung ke webnya) : 
  • Mandi air hangat, sampai sekarang umur Aimee hampir 1 tahun, gw terbiasa buat mandiin sekitar jam 5, agak sore memang karena menghindari keringat berlebih yang bikin kulit jadi lengket dan bau asem sampe ke waktu tidurnya. Karena itu untuk mandi malam gw biasain mandi pake air yang hangat sambil berendam. Kebayang donk nyamannya bobo malem kalo abis mandi air hangat sehabis seharian beraktivitas? Sabunnya pake JOHNSON'S® baby BEDTIME® BATH® yang ternyata wanginya enak banget.
  • Memberi pijatan lembut, seusai mandi dan dikeringkan semua, mulai deh dipijat, cara memijat bisa liat di YouTube jangan lupa sesuaikan juga dengan umurnya. Enak deh sambil anaknya senyum-senyum centil ngeliat kita, kaya keenakan gitu dipijetinnya. Jangan lupa olesin sedikit JOHNSON'S® baby BEDTIME® lotion yang wanginya senada ama JOHNSON'S® baby BEDTIME® BATH® jadi wangi dan enak banget buat dindusel-ndusel ini anak bayinya. 
  • Waktu tenang, kalo gw setelah selesai suka taburin sedikit bedak di kaki, lengan dan perut bisa pake JOHNSON'S® baby BEDTIME® Powder. Nah pas Aimee sudah siap dengan baju tidurnya, waktunya baca buku cerita atau nyanyi-nyanyi lagu pengantar tidur. Kita nikmatin deh momen bersama sambil menyusui yang biasanya membawa Aimee ke alam mimpi (kadang mamanya ikut bablas haha.. ssttt kayanya bisa jadi emaknya duluan yang bablas)


Setelah sukses pules sampe pagi tidurnya, Aimee bangun dengan ceria dan pas dicium ya ampun masih wangi enak banget. Bikin tambah gemes nyiuminnya. Bahkan Ghiffari dan Papanya juga pada sibuk nyiumin sambil bilang “hmmmm wangiiii”. 
Sebenernya kita yang udah gede jg suka oles-oles kalo malem karena suka sama wanginya hihi.. 

Aduh coba yaa Johnson’s Baby 3 –Step Routine ini biar kita bisa mengurangi 46,74% bayi Indonesia yang mengalami susah tidur nyenyak di malam hari. Yuk bantu bayi kita tidur lebih nyenyak! 

Here comes the happy baby...


2016-10-03

Cerita diet Ghiffari - 2

Banyak yang tanya sama gw gimana sih kalo anak autis/special needs ngamuk? Kayanya Ghiffari kalem-kalem aja, ga keliatan ada yang beda.
Sayangnya eh bukan sayangnya juga ya... gw ga pernah merekam kejadian dia ngamuk. Alasan pertama karena ya ga sempet dan kepikiran kali haha.. dan kalo pun ada yang rekam mungkin isinya selain Ghiffari yang ngamuk ada gw juga si ibu yang ikutan ngamuk karena frustasi. Ibu sabar bhay!!

Tapi coba gw gambarkan salah satu contoh kejadian :

Kejadiannya kurang lebih 6 bulan yang lalu. Pagi itu di rumah baru, sama seperti hari-hari stres lainnya Aimee bangun setengah 5 pagi terus ngerengek (biasanya ini kondisi setengah sadar udah kepengen bangun tapi mata setengah merem) dan pas suara merengek terdengar, Ghiffari spontan dalam tidurnya menghentakkan kaki yang satu dan yang lain mulai berteriak dan tangannya mulai mukul kasur diteruskan memukul kepala dan dada... and that is how we started our day... 

Terus Chaca pergi sebentar untuk ke ATM dan lupa bilang ke anaknya, Ghiffari yang waktu itu belum bisa dikasih pengertian lari bolak balik di rumah gw yg kosong melompong, sambil sesekali menjatuhkan seluruh badannya ke lantai, tentu saja untuk menambah keadaan supaya lebih dramatis, dia sambil nangis jerit-jerit non stop selama 1.5 jam lamanya.

Hmmm gimana kebayang ga? 

Kalo ud kebayang gw mau lanjutin cerita dietnya nih.

Bulan maret hadir dan dengan semangat membara, yang terjadi harus terjadi kita mulai diet ini sekarang!

Lancar? Boro-boro! 

Sekitar 2 minggu pertama isinya kecolongan sana sini. Ngamuk kesana kemari. Belum lagi bolak balik ngompol pagi siang sore. Bolak balik bolos sekolah juga. Alhamdulillahnya semua guru dan segenap sekolah hadir dengan dukungan penuh jadi pas masuk sekolah pun mereka tau tantangannya apa. Melewati minggu ke 3 mulai terasa manfaat dietnya, Ghiffari menabur pujian dari guru sekolahnya karena cukup tenang, frekuensi memukul berkurang drastis, aura muka terlihat lebih cerah dan banyak senyum dan yang paling signifikan bisa dikasih pengertian. 
Gw rasanya... nyessss...

HAPPY BERAT!!

Kayanya kebayar semua pergantian gaya hidup drastis yang kita alamin selama 1 bulan terakhir. 

Di postingan senin depan, gw bakal cerita lebih detail tentang dietnya, apa yang harus disiapkan, beli resep dan prebiotik dimana. Stay tuned guys