2013-03-12

Satuday Child(ish) Day

Hari Sabtu kemarin, gw menghabiskan seluruh waktu di rumah. Dengan niat suci pengen tidur gara-gara ko ya berasa capek banget kerja minggu-minggu sebelumnya.
Karena sampai saat ini belum dapet suster/ART pengganti yang cocok, jadi ya di rumah A to Z nya gw yang kerjain kan. Jadi walaupun wiken, hobi beres beres gw masih tersalurkan.

Tadinya gw pengen menjalankan "Art of Doing Nothing" lagi kaya waktu itu. Tapi gw pikir why not spending doing something for us (gw ama Ghiffari).

Jadi beginilah kegiatan hari Sabtu kami :


  • Mewarnai dengan Crayon


Entah berapa minggu yang lalu gw sempetin beli crayon buat Ghiffari. Karena dari hasil ngobrol sama teman masa kecil gw, doi pernah jadi guru TK dan ditugaskan buat nanganin anak berkebutuhan khusus. Dari hasil trainingnya kata doi, crayon itu lebih bagus untuk menstimulasi syaraf tangan anak ketika mewarnai dibanding sama pensil warna biasa.

Jadilah gw beli crayon 12 warna (beli di Giant pulak)...

Pas awal Ghiffari mewarnai dia mulai ngerasain neh bedanya pake crayon, tangannya jadi gampang kotor kan tapi lama-lama sih dia suka. Walaupun mewarnai asal. Dan ga sesuai sama kata-kata yang dia celotehin sepanjang ngewarnain "Ga boweh keyual gayis" -->> Gak boleh keluar garis.

Emang udah lumayan lama si dia jarang mewarnai lagi dulu sempet rajin mewarnai pake colouring book yang bisa dicuci itu lho. Dan udah lumayan bagus. Kesini sini dia lebih suka menggambar lingkaran, segitiga dan persegi panjang.

Terus gw pikir, gw pengen ngajarin dia sesuatu sambil menyalurkan hasrat kekanak-kanakan gw hahaha

Jadi,,,, gw mewarnai dooonk sampe selesai satu halaman




Hasrat emak-emak yang pengen mewarnai lagi kaya jaman TK

Setidaknya ada 3 pelajaran yang pengen gw ajarin sama Ghiffari

  1. Mewarnai yang kayanya punya semacam aturan 'ga boleh keluar garis'
  2. Menyelesaikan suatu perkerjaan sampai tuntas
  3. Percaya bahwa kita sbg orang tua juga bisa mengerjakan hal-hal yang kita suruh


Soal point ke 3, ini sih karena gw suka mikir, pernah ga sih kita mikir kalo kita disuruh sesuatu terus kita skeptis ah emang mama atau papa bisa gitu. Kan kadang kita kalo ngajarin misalnya mewarnai atau gambar cuma kaya sekadar ngasih contoh aja neh (eh itu gw doank apa ya).
Bukan apa apa soalnya gw suka ngerasa nyokap gw dulu bawel nyuruh ini itu terus gw ga yakin nyokap gw bisa hhahaha... yang ternyata sebenernya bisa sih hihih...

btw ini mengingatkan gw waktu TK kalo mewarnai pake crayon itu susah banget ga keluar garis kalo crayon ujungnya udah ga tumpul :)

tapi yang paling utama hasrat gw aja mewarnai terkabul :D

Saking terlalu narsis sama diri sendiri, gambar mewarnai anaknya malah ga difoto ahahaha


  • Merangkai Lego Helikopter


Sepulang dari Bandung pertengahan Februari lalu, kita mampir di Hoka hoka bento buat makan. Paket buat anak-anaknya berhadiah salah satunya semacam lego Helikopter.
Karena Ghiffari lagi seneng pesawat terbang, gw pilih si Helikopter ini.
Ternyata hadiahnya bener-bener dalam bentuk lego alias blm dirakit. Yaudah lah akhirnya nganggur di atas meja rias gw untuk beberapa waktu.
Seselesai mewarnai Ghiffari terus bobos.. Abis bangun mandi dan makan kita lanjutin kegiatan kita sambil merangkai helikopter ini.
Karena ini pertama kalinya kayanya Ghiffari jg belum gitu ngerti konsep maen lego ini.
Nah dia merhatiin gw ngerangkai helikopter ini, dan gw jg entah kenapa excited banget bikin ini.
*bener-bener neh hasrat anak-anaknya menggebu-gebu*

Pas udah selesai, Ghiffari hepi bener... Itu helikopter yang dia keukeuh tetep bilang "pesawat terbang" itu dibawa keliling rumah. Awalnya kalo ada yang copot dia kasih ke gw. Sekarang dia udah mulai benerin sendiri. Dan dia tiup baling-balingnya biar pesawatnya bisa "telbaaang"

Ternyata seru ya? Gw pengen beli lego ah!
*lho ini buat ibunya apa anaknya*



  • Memecahkan Puzzle



Dulu sebelum Ghiffari mulai ke dokter dan terapi-terapian. Gw sering banget ajarin Ghiffari maen puzzle. Dan dulu emang lumayan jago neh bocah. Terus karena kegiatan ini dianggap terlalu individualis jadi gw hentikan sementara di awal terapi. Kemarin ini gw nemu puzzle Cars yang udah lama gw simpen. Puzzle isi 9 pieces yang murah meriah dan belakangnya ga ada contoh gambarnya.
Terus gw tunjukkin ama Ghiffari, ternyata dia masih inget.
Kali kedua dia mulai ngerjain sendiri sambil gw liatin sama arahin
Yang ketiga karena gw udah bosen gw suruh dia kerjain sendiri sambil gw intipin gemes pengen benerin tapi gw tahan hehe... Dan dia pun berhasil sendiri. Terus gw puja puji dan cium cium bilang pinter dia sambil senyum senyum...


Selesai kegiatan-kegiatan ini gw beresin kamar akibat kaya kapal pecah semua barang-barang dijatohin Ghiffari ke bawah tempat tidur. Nah ghiffari lagi sibuk maen mobil-mobilan dengan 'track' mobil buatn sendiri ahahaha.. ga tau ni anak nemu dimana kardus yang cuma spotong itu. terus dia maen diatas tempat tidur



Nah kan yang gw tau Ghiffari tuh ngerti warna merah, kuning, hijau, ungu ama biru. Tapi kadang kalo ditanya masih suka salah salah... Terus gw denger dy mumbling warna

melaaah
kuniiiing
unguuuu
biyuuuu
cokaaat
hijauuu
olanyeee

Gw pikir cuma asal sebut aja tapi ternyata begitu gw ngebalik badan...

jreng jreng... lagi 'mewarnai'... DI TEMBOKKKK!




 pffffttt... yasudahlah nanti aja ya kita cat temboknya kalo udah bosen mewarnai di tembok :p

How's ur weekend? Fun?





2 comments:

  1. kayaknya emak nya yang lebih seneng ya jatohnya? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D does it show *ya iyalaaaah yaaa
      ahahaha... hepi berat gw :p

      Delete