2013-01-12

Rangkuman Hasil Terapi Ghiffari selama setahun

Terhitung setahun kurang beberapa minggu (dulu mulai terapi awal February).

Rekap Terapi selama satu tahun terakhir:

Terapi awal 3 bulan pertama hanya Terapi Sensor Integrasi 2x seminggu.
Rabu 08.45-09.30
Jumat 08.45-09.30

Setelah 3 bulan konsultasi lagi ke dr.Luh kemudian ditambah Terapi Wicara, tapi karena baru ada space untuk 1kali. Jadi selama kurang lebih 3 bulan pertama terapi wicaranya hanya satu minggu sekali.
Selasa 08.45-09.30
Rabu 08.45-09.30
Jumat 08.45-09.30

Setelah ada space yang kosong akhirnya ditambah jadi 2x terapi.

Selasa 08.45-09.30
Rabu 08.45-09.30
Jumat 08.00-09.30

Begitu seterusnya sampai di bulan Oktober kemaren terapis wicaranya ijin cuti melahirkan. Akhirnya ada pergantian jadwal jadi lebih simple si. Cuma 2x sminggu tapi terapi tetep 2x
Rabu 08.45-10.15
Jumat 08.00-09.30

Dan selama 1 tahun itu ada kurang lebih 4x pertemuan dengan dr.Luh (3bulan sekali). Untuk evaluasi hasil terapi per 3 bulan.

  1. Diagnosa kemungkinan PDD NOS
  2. Diagnosa dicoret karena setelah 3 bulan perkembangan cukup pesat. Ditambahkan terapi wicara
  3. Terapi tetap diteruskan dan di rumah diharapkan diajarkan step by step kegiatan secara detail. Seperti misalnya pake baju, pake celana, ketika mandi ditunjukkan kepala, kaki dll, ketika makan disebutkan makan nasi dengan tahu dengan ayam misalnya.
Hari ini adalah pertemuan ke 4 dengan dr.Luh

Seperti biasa dr.Luh biasanya nanya, gimana perkembangan sang anak di mata kita. Walaupun beliau punya donk catatan perkembangan terapi selama ini. Mengalirlah cerita gw, seputar Ghiffari yang jadi lebay dan cengeng terus udah gitu bawel minta ampun hehe . Nyanyi lagu secara lengkap walaupun pronounciation masih suka bikin ngakak. Dan gw tanya kenapa Ghiffari belum sampai tahap nanya "ini apa itu apa"

Ditanya jg soal sekolah, gw bilang sampai saat ini keinginan untuk berbagi masih kecil. Egosentris emang lagi dimilikin anak umur segini katanya. Jadi wajar aja. Sampe dokternya bilang umur 3 tahun itu lagi nyebelin-nyebelinnya. Hahahaha... Tapi tetep lucuuuuuuu....

Kemudian sang dokter mulai memberi langkah-langkah home therapy selanjutnya buat gw. Dan mulai lah gw mencatat.

"Dalam proses pembelajaran untuk komunikasi 2 arah. Setelah komunikasi 1 arah berjalan cenderung lancar. Perlu dikuatkan dengan persepsi."

Persepsi ini dalam segala segi

  1. Auditif (Pendengaran), misalnya ketika mendengar lagu pop kita cenderung mendengarkan saja, ketika diperdengarkan lagu rock atau lagu dangdut kita cenderung berjoget, begitu jg dengan jenis lagu lain seperti jazz, keroncong , gamelan dan lain lain.
  2. Visual (Penglihatan) diajarkan warna dengan pendekatan hal yang dia suka misalnya Ghiffari kan suka makan jadi dari pendekatan makanan misal Apel warnanya merah, Jeruk warnaya orange, Melon berwarna hijau.
  3. Masih Visual, Bentuk, diajarkan bentuk seperti kotak, lingkaran, segitiga. Juga bisa dari makanan misalnya biskuat bentuknya kotak, marie regal berbentuk bulat.
  4. Masih Visual, diajarkan arah seperti kedepan kebelakang keatas kebawah kanan kiri
  5. Spasial, dicontohkan misalnya ketika naik turun tangga, eskalator, atau melompati got. Sang anak diajarkan tentang cara memperhitungkan gerak badan agar tidak jatuh dll
  6. Tactile (Peraba) misalnya ketika kita memegang sisir tanpa melihat kita tahu itu sisir, memegang kapas jg
  7. (Penciuman) ini diajarkan mencium bau seperti misal bau nasi goreng (cocok banget contohnya ama kesukaan Ghiffari ya), bau duren. Ga usah susah susah deh kalo kata gw dalem hati, ajarin aja bau kentut :D
Kesimpulan : Terapi masih dilanjutkan dengan harapan semakin mendekati kelulusan. :)

Alhamdulillah karena hasil yang baik. Mudah-mudahan 3 bulan kedepan kita udah bisa meet expectation!

Notes:
Umur Ghiffari sekarang 3 tahun lebih 1 bulan, walaupun list yang gw sebut diatas diperuntukkan untuk Ghiffari yang sedang terapi. Sebenarnya kalo dilihat lebih jeli, ini berlaku untuk tumbuh kembang semua anak. Hanya saja untuk anak yang tidak mengalami kecenderungan keterlambatan biasanya bisa lebih santai. Ga rugi lho kalo dipraktekin jg :)

Selama satu tahun ini Ghiffari terapi di Klinik Tumbuh Kembang Anak Hermina lantai 4.

RS. Hermina Bogor
Jl. Ring Road Kav 23, 25, 27
Perumahan Taman Yasmin, Bogor

Telp : 0251-838 2525

Sebelum memutuskan untuk terapi biasanya konsultasi dulu ke dr.Luh K Wahyuni SpRM di hari Sabtu. Dokter ini biasanya dengan perjanjian belum tentu setiap sabtu praktek jadi lebih baik telepon.
Biaya konsultasi sebesar Rp. 300.000

Sementara untuk biaya
Terapi Sensori Integrasi : Rp. 75.000
Terapi Wicara : Rp. 65.000

Jadwal terapi dan terapis sesuai dengan ketersediaan, kalo ada ketidak cocokan harus menyesuaikan lagi dengan terapis yang ada. So far sih Ghiffari punya 2 terapis untuk sensori integrasi dan 2 terapis untuk terapi wicara dan semuanya cocok aja :)

Bila ada pertanyaan seputar terapi Ghiffari selama ini boleh kok kalo mau nanya-nanya tapi gw bukan expert ya cuma berbagi pengalaman aja. Bisa hubungi via email di liactk@gmail.com. 
Di subject email awali dengan [TanyaTerapi] biar ga gw delete atau mark as read :)

27 comments:

  1. Salam kenal ya mbak.
    Alhamdulillah, seneng deh kalo terapinya berhasil.
    Mau share juga, 2 anakku juga diterapi mbak. Nadhiifa dan Syakira. Jadi bentuk kaki mereka tidak seperti kaki normal sejak lahir. Setelah diterapi 6-12 bulan akhirnya mereka bisa jalan normal.
    Yah, sekitaran umur mereka 18 bulanan gitu baru bisa jalan tanpa pegang itu pun masih keliatan tidak seimbang.
    Jangan tanya pandangan orang-orang deh :D dari yang bilang anakku malas jalan lah, ato ga bisa jalan lah ato macem-macem yang nyakitin hati.
    Cuma, sering aq cuekin juga. Mending fokusin pikiran ke anak deh.
    Tapi, insyaAllah kita bisa kok melewati ujian ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dont mind others deh mba. Capek yang ada hehe.. Yang penting anak kita lancar segala sesuatunya :)

      Delete
  2. pertamanya ketauan diagnosa darimana Lia? sorry aku nanya, soalnya terus terang aku agak cuek sama anakku...jadi kayaknya kalo ada apa2 sama anakku, aku bisa gak tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa say. curiga sih udah lama ya umur 1 tahun belom bisa disuruh dadah dll. terus kalo dipanggil namanya cuek banget.

      umur 1.5 tahun belum ada kata berarti. jadi ke dokter tum kem di taipei

      Delete
  3. Salam kenal...
    Makasih banyak infonya mbak. Anakku juga sampai sekarang (2y 3m) belum bisa ngomong apapun. Rencananya mulai minggu ini terapi wicara. Moga bisa segera cerewet kayak ghiffari ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. iya pasti tar cerewet terus ibunya pusing deh hihihi..

      Delete
  4. Mba, anakku syarah udah 2,5 tahun jg belum lanvar bicaranya. Hiks2.. Akhirnya aq masukkin playgroup biar ada sosialisasinya jg. Sekarang dia sudah bisa hapal dan melafalkan alfabet, tp untuk keluarin kata bermakna koq susah banget ya. Msh 1 suku kata itu pun kata2 tertentu aja. Klo diajak bicara malah menghindar. Butuh advise nya nih, apa yg hrs saya lakukan ya mba? #sedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm udah pernah ke dokter tumbuh kembang kah? Susah ya kalo dari penjelasan singkat gini. Harus runut apakah ngerti perintah terus komunikasi dua arah non verbal ada atau ga?
      tapi aku kan bukan ahli juga ya better sih ke dokter yang lebih kompeten di bidang ini

      Delete
  5. thanks for sharing, dear Lia...
    murid saya punya hmbatan bahasa ekspresif, kalo prkembangan bahasa reseptifnya sepertinya sudah bagus. tapi untuk ekspresivnya yg kurang. Sudah sering speech terapi Alhamdulillah sudah ada kemajuan, tp perlahan... stelah mmbaca tulisan d atas, smoga kita smakin telaten dan tetap optimis yah... thanks for sharing. Lia... Ijin konsultasi lgkp via mail yah :D

    ReplyDelete
  6. sy jg lg bingung nih mbak, anaku 8 m blum bisa makan, maksudnya reflek menjulurkan lidahnya masih ada, jd smp sekarang mpasinya jauuuh dr takaran rata2 paling setiap makan cm setengah sendok teh, itupun bisa 15 menit br abis. kl menurut saya anak sy agak beda. pengen bw ke klinik tumkem jg, cm msh ragu apa memang ada indikasi keterlambatan atau ditunggu dulu ya

    ReplyDelete
  7. Trimakasih buat sharingnya mb, anakku 2th 5bln, sudah 1bln ini kita ikutin terapi di klinik tumbuh kembang kurang lebih hampir 1,5 bln. Disana anak kami difisiotetapi, ikut terapi wicara dan okupasi. Alhamdulillah keliatan perkembangan, untuk secara emosionalnya lebih terkontrol, kalo sama terapisnya ud mau ikuttin kalo diajarin ngomong 1 kata walau blm gt jelas seperti apel jd ape, tapi kalo di rumah kita ajari cenderung g mau ikutin. Kebetulan td abis periksa di rs karna lg kurang sehat anaknya. Sama dr umum itu ditanya ni ud 2th 5bln ud bisa ngomong?, trus jadilah kita cerita hampir sama seperti diatas, sama dokternya disaranin oba periksa di sini aja ada dokter tumbuh kembang n ada terapinya jg. Nah yg agak bikin galau, ni awal terapi dl pernah ditanya pernah terapi sblmnya g, kita bilang br ditempat yg skranf ini, trus katanya kalau ada pelayanan yg bikin kita g puas diobrolin aja, jgn tiba2 pindah nanti anaknya yg jd bingung. Gmn y mom sarannya? Apa kita ttp coba konsul dr di rs ini apa ttp di klinik yg sekarang aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicoba aja di dua tempat mba... liat mana yang lebih ok baru putusin salah satu atau tetep jalanin dua2nya kalo emang ada dananya... kalo bisa sambil coba diet ya mba

      Delete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. Dear mom...anak sy baim usia 1,5 thn sdh bs jalan tp ga seimbang.kaki kanan agak lambat langkahnya,tangan kanan sering dikepal..sy sdh curiga dr usia 1 thn 3 bln nprnh tnya dokter umum apakah itu normal.ahirnya skr sy mulai mncari info tentang terapi tumbuh kmbang anak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh share perkembangannya sekarang?

      Delete
  10. Ak jg sama bun punya anak usia 1 th 3 bln,,msh blm bisa merangkak,,baru tengkurap,,duduk jg blm terlalu lancar..tangan msh suka ngepal,,skrg ak lg cari2 klinik tumbuh kembang,,mudah2an anakku bisa normal y bun,,

    ReplyDelete
  11. Bagaimana perkembangan giffari sekarang mba? Sekolah dimana? Boleh tau apa giffari ada gangguan dalam pencernaan juga? Dan bagaimana mengajar toilet trainibg untuk anak mba...

    ReplyDelete
  12. Bagaimana perkembangan giffari sekarang mba? Sekolah dimana? Boleh tau apa giffari ada gangguan dalam pencernaan juga? Dan bagaimana mengajar toilet trainibg untuk anak mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah bisa komunikasi 2 arah tapi masih suka ngaco.. Toilet trainingnya ampir 4 tahun mba :D ga ada gangguan pencernaan sih

      Delete
    2. bun dokter tumbang dihermina bogor yg bagus siapa bun rencana br mau ksn tp blm tau dokter yg bgs, tolong info donk bun tnx

      Delete
  13. bun klw dokter tumbang dihermina bogor yg bagus siapa bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skrg dr luh udah ga ada di hermina bogor, jd aku kurang tau juga ya

      Delete
  14. bun klw dokter tumbang dihermina bogor yg bagus siapa bun?

    ReplyDelete
  15. Hai mba anak ku zayn spt nya punya masalah yg mirip sm ghiffari, hari ini baru mau ke ktk hermina depok, kira2 ghiffari skrg kondisinya gmn ya mba? Sdh lulus terapinya semua kah? Trus apa sdh bs diajak komunikasi 2arah? Kl boleh minta kontak mba pgn sharing aja nih karna sy lg galau jg soal zayn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa email ya ke liactk@gmail.com nanti aku kasih nomor wassap

      Delete
  16. Sore bun salam kenal, anakku 4,3 tahun hari senin ke hermina ciputat tp ngga dapat jadwal terapi disuruh SI dan TW lalu hari ini aq ke tumbuh kembang matahatiku dan tnyata bukan TW atau SI tetapi harus special education. Menurutku matahatiku bagus dan detail tp mmg agak mahal jd aq belum putuskan ikut atau ngga. Mau coba cari yg lebih murah kalau ada. Menurut bunda bagaimana ya ? Boleh saya minta no wa. Makasih bun

    ReplyDelete