2012-04-25

Umroh Trip #Madina



Cerita dramanya berakhir sudah mari kita cerita religious. Sebagai pasangan norak, gw ama Chaca tentu saja terbengong bengong ngeliat Masjid Nabawi yang megah bin keren itu seraya berkata “Ya Allah, say kita lagi umroh yaa” hihihi..

Sedikit gambaran

Penting untuk diketahui bahwa:


  1. 1.      Satu jam sebelum adzan subuh biasanya adzan pengingat sudah berkumandang, tujuannya sebagai reminder agar jamaah bisa Tahajud sebelum menunggu datangnya waktu solat Subuh.
  2. 2.     Pintu masuk untuk perempuan dan laki-laki terpisah dari gerbang. Setiap gerbang ada nomor pintunya. Berguna untuk janjian dengan pasangan.
  3. 3.     Untuk perempuan, pemeriksaan ashkar cukup ketat. Dilarang membawa handphone berkamera.
  4. 4.     Baiknya datang 1 jam sebelum waktu sholat sehingga mendapat shaf depan. Untuk menghindari ketika solat dilewati orang.

Untuk sekadar pengetahuan

  1. 1.      Itu jerigen isi air zam zam buaanyaaaaak banget. Sebelum solat, sesudah solat, puas banget. Baiknya bawa botol minum jadi lebih go green mengurangi sampah gelas plastic.
  2. 2.     Setelah solat subuh usai biasanya satu demi satu payung diluar Masjid Nabawi terbuka. Itu payung bagus banget deh penampakannya.


Payung di halaman Masjid Nabawi

Gerbang Masuk Masjid Nabawi

Tour


  1. 1.      Ziarah di makam Rasulullah SAW, Abu Bakar RA dan Umar bin Khatab RA. Di tempat ziarah ini ada yang disebut Raudhoh, kata pembimbingnya disinilah tempat yang mustajab apabila ingin dikabulkan doanya.
  2. 2.     Berkunjung ke Masjid Quba terus kita ikut solat disana, Mesjid Quba ini masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW.
  3. 3.     Berkunjung ke Jabal Nur, disini diceritakan peperangan jaman Rasulullah SAW dari bukit bukit, pas diceritain gw inget pelajaran SMA yang jaman dulu cuma lewat doank di kepala gw. Begitu liat langsung terkagum-kagum sama perjuangan nabi. Bayangin naik turun Bukit setinggi itu gitu. Nah kite baru jalan berapa km aja udah ngeluh panas ama capek :p
  4. 4.     Berkunjung ke Pasar Kurma, bayangan gw itu gedeeeeeeee banget ternyata gak, kecil dan ruamenya dahsyat. Plus bayarnya ga pake antri tapi pake sikut wkwk.. Disini dijual korma asli yang biasa disebut Korma Azwa (Korma Nabi) harganya beragam dari 20 SR – 120 SR
  5. 5.     Di belakang Mesjid Nabawi ada makam Baqi, tempat istri-istri nabi kecuali Khadijah dimakamkan, banyak juga sahabat Rasulullah yang dimakamkan disini.

Makam Baqi


Inside Masjid Nabawi

Masjid Quba


Review Hotel :
Movenpick Hotel *****

Nampang di depannya hotel Anwar Al Madinah

Untuk ukuran hotel bintang 5 menurut gw hotel ini biasa banget. Kamarnya ukurannya gak begitu besar dan dari kamar gw kalo buka jendela ga keliatan apa-apa. Gw ama Chaca dapet double single bed. Tapi lumayan lah ada dapurnya walaupun ga ada piring dan sendok garpu. Setidaknya masih ada pemanas air untuk buat teh.
Ukuran kamar mandinya jg termasuk kecil dan perlengkapan yang disediakan ga terlalu banyak.
Restoran sudah dibuka dari setengah 6 sampai tutup jam 10an. Jadi begitu selesai subuh kita bisa langsung sarapan dan habis solat Isya kita masih kebagian makanan. Kalo untuk rasa makanan ya standar sih ya. Masuk kategori enak-enak aja buat lidah gw yang emang ga rewel soal makanan.

Beberapa keuntungan tinggal di hotel ini adalah :
-        Begitu keluar hotel langsung gerbang Masjid Nabawi deket pintu gerbang 13
-        Jadi begitu keluar Masjid seusai solat Subuh biasanya udah ada penjual di depan gerbang. Murah-murah lumayan buat oleh-oleh.
-        Di lantai bawah ada Bin Dawood kayanya ini salah satu supermarket besar dan tersohor (soalnya kayanya semua orang pny kantong kreseknya) . Karena pas di pasar kurma gw cuma beli kurma, gw memutuskan beli coklat aja buat sodara-sodara gw yang banyaknya minta ampun itu hehehe.. Alhasil gw beli 20 kotak di Bin Dawood ini. Dan ternyata semua sodara gw bilang coklat merk Bin Dawood ini enak banget ga terlalu manis tapi ada korma dan almond khas arab. Harganya juga menurut gw ga mahal.
-        Di dekat pintu keluar hotel ada ATM yang menerima VISA dan Master Card



Next post: Umroh Trip #Mecca

2012-04-23

Breaking News! Evaluasi Terapi Sensori Integrasi Ghiffari



(Sambil menunggu kiriman foto dari Chaca, gw selingin dulu yaa postingannya)

Tanggal 14 April 2012 yang lalu, setelah sekitar 2.5 bulan terapi sensor integrasi. Akhirnya sampai lah sampai waktunya evaluasi.

Untuk sedikit reminder :

  1. 1.      Dokter Ghiffari yang di Taipei, menyatakan Ghiffari ada kemungkinan Autis tapi kalo social skill (bermain dengan orang lain) bagus kemungkinan itu akan lebih rendah
  2. 2.     Dokter di PELA menyebutkan, Ghiffari bergejala PDD-NOS (salah satu tipe autis yang biasa disebut atypical autism)
  3. 3.     Dokter di Hermina bilang belum ada diagnose diberikan sampai terapi dilakukan selama 2 bulan walaupun kecenderungan pervasive (PDD) memang ada.


So, for me this is BIG Day. Berangkatlah kita ke dokter. Sejujurnya gw ngerasa dalam 2,5 bulan ini Ghiffari perkembangannya signifikan banget tapi gw takut kegeeran dunk.. Siapa tau kalo kata gw bagus menurut terapis dan dokternya enggak.

Beginilah cuplikan pembicaraan kami :

D : Gimana mam, perkembangannya?
L : (ini dokter ngetes bener ya) lumayan banget dok, walaupun masih tetep belum bisa pointing tapi auditif nya jadi ok banget, sekarang jadi beo, kita ngmg apa dy ngikutin terus
D: Oh iya ya, bagus banget udah banyak kata spontannya, ini saya sudah baca laporan dari tim terapisnya dan hasilnya bagus sekali ya. Ini mam, jadi kalau begitu, diagnose PDD-NOS nya saya coret ya. Ini cuma butuh stimulasi lebih banyak aja. Dia gapapa kok
L: (speechless sesaat) oh gitu ya dok, tapi dy belom bisa pointing gapapa ya?
D: Itu udah ada di kepalanya tapi dy blm bisa menggerakkan aja, dy udah bisa kok. Saya tambah terapi wicara ya mam
L: OK dok

Dokter menulis kesimpulan :
  • ·      Sudah bisa memahami perintah
  • ·      Sudah banyak menggunakan kata spontan
  • ·      Bisa mengikuti kegiatan di sekolah, seperti senam dan mau duduk mendengarkan guru
  • ·      Senang bermain dengan teman
  • ·      Sudah bisa mempertahankan miliknya (sekarang kalo ada mainan dy rebutan sama anak lain)


Seperti biasa dokter Luh ini merhatiin gerak gerik Ghiffari selama di ruang dokter, dari mulai mau buang boneka Dora, terus gw omelin, mau ngambil buah dokternya terus gw omelin. Dan dokternya bilang ok neh, kalo diomelin ibunya langsung nurut. Hahahaha…

Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah. Entah gw ga tau harus ngmg apa lagi. Dan untuk pertama kalinya setelah serangkaian dokter dan diagnose dan terapi gw pengen nangis tapi bukan karena sedih tapi karena bahagia banget. Akhirnya kelebayan gw berbuah manis

Dengan ini gw mau SANGAT BERTERIMA KASIH, buat yang baca blog ini dan mengikuti perkembangan Ghiffari dari waktu ke waktu dan sudah ikut mendoakan. Sesungguhnya doa saudara yang tidak terlihat punggungnya insya Allah diijabah Allah. Semoga doa-doa kalian pun dikabulkan Allah. Aamiin 
Untuk Riska dan Nisha yang udah sampe botak dengerin curhatan galau gw. Hahaha… Thank u cyiiin

Dan untuk semua teman-teman yang suka gw curhatin dan saking banyaknya ga bisa gw sebutin satu-satu J

Untuk update perkembangan Ghiffari nanti gw pisahin lagi deh ya postingannya

2012-04-17

Umroh Trip #Off-We-Go




Drama 2 babak!!

Kisah Si Koper..

Seperti yang gw udah bilang, koper kan dibagiin ama si travel agent. Jadi setelah satu koper gw isi penuh dengan pakaian selama ihrom. Dengan polosnya gw ceklek aja tuh koper pake kunci bawaan si koper. Jeng jeng jeng,,, pas mau ada yang gw masukin lagi,, GA BISA DIBUKA,,, hahaha…
Sibuklah laki gw ngulik (istri bagian packing suami kena getahnya :p). Begitu doi nyerah kita telp lah ke travel agent minta solusi. Dan langsung lo mereka blg “rumahnya jauh ga mas? Kesini aja kita ganti..” Tapi ya jauh kudu ke Dharmawangsa. Akhirnya janjian pas keberangkatan dibawa kopernya nanti diganti di airport.

Di hari keberangkatan, si travel agentnya salah bawain donk donk,,, dibawain gantinya koper gede. Dan akhirnya si koper kecil dimasukin ke koper gede dan dimasukin ke bagasi.

Alhasil bongkar koper baru dikerjain di Madinah… Alhamdulillah tuh isinya akhirnya bisa dipake jg….

Lari Mengejar Pesawat…

Dari travel agent biasanya ada beberapa pilihan maskapai penerbangan yang bisa dipilih, Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Emirates, Lion Air dll.
Travel Agent yang kemarin gw pakai kebetulan baru tahun ini mencoba pakai Singapore Airlines.

Jadi rute keberangkatan itu Jakarta-Singapore-Abu Dhabi-Jeddah

Jakarta-Singapore

Keberangkatan agak sedikit delay. Tapi ga terlalu signifikan. Tapi pas mau landing sempet muter-muter dulu karena kata si pak pilot bandara Singapore padat merayap (ini mah bahasa gw hehe).
Nah then the drama begin. Salah satu anggota travel gw PINGSAN. Dan ga cuma itu dy pergi SENDIRI! Jadilah didasari rasa kemanusiaan berkumpullah kita sekitar 5-6 orang buat bantuin dy.
Sementara mestinya kita langsung menuju gate karena flight Singapore-Jeddah bakal langsung berangkat ga pake nunggu.
Kita disamperin sama petugas bandara, dibilang suruh ninggalin si ibu M yang pingsan kalo gak mau ditinggalin pesawat. Kita bales ngotot gak mungkin ninggalin ibu ini sendirian. Terus karena udah telat banget kita udah diteriakin sama si petugas bandara “U ALL ARE NOT LEAVING” stresss gak coba?
Alhasil gw ama Chaca bilang “kita lari kita blg sama orang di gate kalo masih ada orang” dan lari lah kita berdua kaya orang bego di Changi. Mana jauh pulak wkwk…
Sampe di gate kita abis diomelin petugas di gate. Akhirnya si ibu M dan pembimbing kita dianterin ke gate naik mobil bandara (apa sih namanya yah?). Di gate masih ada lagi drama selanjutnya, Penanggung jawabnya ibu-ibu menolak keras si ibu M berangkat karena policy SQ udah jelas bahwa dy udah jelas-jelas pingsan jadi ga boleh ikut pergi. Wah ini asli penuh dengan teriakan macam di film-film. Akhirnya kita semua disuruh masuk kecuali si ibu dan pembimbing plus laki gw karena pembimbingnya minta temenin Chaca hehe… Gw masuk duluan ke pesawat daripada pada numpuk di gate gak jelas.

Gw udah deg-degan kalo kaga jadi berangkat gimana dan lain-lain. Sampai udah bikin plan b gw apa balik ke Jakarta naek Garuda hahaha…

Sekitar 10 menit kemudian datanglah mereka semua disambut tepuk tangan riuh semua anggota travel kita. Dari cerita Chaca, si ibu M sampe mohon mohon sambil nangis-nangis ke petugas bandara “saya mau ibadah tolong jangan halangi saya, saya bakal stress ditinggal semua orang disini. Emang ibu mau tanggung jawab nemenin saya disini?” dan akhirnya si petugas luluh juga,, Alhamdulillah,,,, Drama ini hampir berakhir,,,

Singapore-Abu Dhabi-Jeddah

Di tengah-tengah perjalanan si Ibu M bolak balik muntah. Makan muntah makan muntah.. weew.. kasian banget. Untungnya di pesawat ada dokter yang ikut umroh dr travel agent lain. Jadi dy bantuin, plus ada yang biasa mijet jg. Jd kayanya si ibu M ini masuk angin. Terus begitu sampai mau ke Jeddah.  Di Abu Dhabi kita ga turun dari pesawat karena udah telat banget kan keberangkatan sebelumnya. Jadi cm nunggu pesawat dibersihin doank.
Begitu sampai Jeddah kita langsung naik bis pulak ke Madinah kurleb 4-5 jam. Kita udah deg-degan aja takut si ibu M teler. Eh tp sampe Madinah udah keliatan seger. Dan besok pagi pas mau ke Raudhoh nya doi udah seger banget. Kata dy abis belanja tadi subuh langsung sembuh hahahaha…..

End of the drama J

Alhamdulillah jadi juga kita semua umroh. Dan Alhamdulillah kita semua keukeuh gak ninggalin si ibu…

__to be continued__

Next post: Umroh Trip - Madina

2012-04-14

Umroh Trip #Preparation (part 2)



Mari kita lanjutkan.. Bahasan kali ini persiapan seputar isi koper ya.

Namanya emak-emak pasti heboh deh packing. Jadi mudah-mudahan ini bisa jadi guidance.

1.     Pakaian tidak ketat dan transparan
Wanita :

  • -       Seragam dipakai ketika berangkat
  • -       Gamis 5-6 buah
  • -       4 -5 atasan panjang
  • -       2 rok atau celana (gw saranin bawa celana minimal 1 karena berguna banget kalo ntar manjat di Jabal Rahmah)
  • -       kerudung panjang (gw saranin yang langsung pakai aja biar ga ribet)
  • -       2-3 baju tidur
  • -       Mukena (biasanya dikasih travel agent)
  • -       Sajadah kecil buat dibawa-bawa
  • -       Handuk kecil buat dibawa-bawa

Notes: Sebaiknya pakaian atau kerudung warnanya tidak terlalu mencolok walaupun ketika umroh tidak wajib menggunakan baju warna putih tapi hampir semua baju gw warna putih atau hitam kecuali seragam dari travel agentnya. Beware baju putih cenderung menerawang jd better cek n ricek pas masih di Indonesia

Pria :

  • -       Seragam dipakai ketika berangkat
  • -       Kain Ihrom (biasanya dikasih travel agent tapi gw bawa bekas alm bokap gw buat cadangan)
  • -       2-3 baju tidur
  • -       Baju Koko 5-6 buah (ga harus koko sih bisa jg baju biasa aja yang penting formal)
  • -       Celana Panjang 2-3 buah
  • -       Peci (biasanya dikasih travel agent)
  • -       Sajadah kecil buat dibawa-bawa
  • -       Handuk kecil buat dibawa-bawa
  • -       Sarung (siapa tau aja perlu soalnya di Jeddah solatnya lebih banyak di kamar hotel)


2.     Peralatan Mandi & Skin Care
Perkakas Umroh/Haji dari Wardah, isinya Moisturizer Cream, Head to Toe Cleanser, Sunblock, Lip Balm, Spray Bottle, Pasta Gigi, Olive Oil, kantong sandal. Harga Rp. 130.000 bisa dicari di Counter Wardah terdekat (cukup ko buat bbrp orang)

Notes: Kenapa gw beli Wardah? Karena halal hehe.. Gw takut banget bawa brg2 yg ga ada logo halalnya (lebay ya?). Tapi ini berguna banget buat gw. Alhamdulillah gw ga ngalamin bibir dan kulit muka kering dan pecah-pecah. Tapi karena gw males pake lotion sebadan-badan, hasilnya kaki gw kering dan gatel-gatel.


3.     Obat-obatan

  • -       Vitamin biar tetep fit
  • -       Obat mencret
  • -       Obat sakit kepala
  • -       Obat demam
  • -       Obat sariawan
  • -       Obat alergi

4.     Lain-lain

  • -       Tas selempang yang muat mukena, sajadah kecil, quran, buku doa dan tempat minum
  • -       Masker
  • -       celana dalam sekali pakai isi 5 (2 pak) atau
  • -       pantyliners
  • -       sepatu sandal yang tidak menutupi mata kaki  (better bawa cadangan)
  • -       Kaos kaki 3-4 pasang (warna kulit, item dan putih) biar sesuai warna baju hihihi
  • -       Kacamata Hitam yang bagus beneran (hehe soalnya gw bawa yang murmer jadi mataharinya masih nembus)
  • -       Travel Pack ukuran besar isi 3 beli di Ace Hardware (kantong kedap udara buat ngempesin baju cocok buat baju cucian biar ga ngabisin tempat dan spacenya bisa dipake buat oleh oleh gitu hehe)
  • -       Kamera :D

Tips:Bawa uang rupiah juga disana diterima ko dimana mana. Tapi amannya tetep punya uang real. Kalo nuker uang disana juga bisa sih 1 SR = Rp. 2500. Tapi pengalaman gw ngambil uang di ATM 1 SR < Rp. 2500 begitupula pas gesek pake CC di Bin Dawood jg kurang dari Rp. 2500. Terserah aja enakan yang mana hehe..

Next post : Umroh Trip  #Keberangkatan

2012-04-10

Umroh Trip #Preparation (part 1)



Alhamdulillah kami berdua tanggal 30 Maret 2012 – 7 April 2012 kemarin berangkat Umroh ke Tanah Suci. Sedikit banyak gw pengen berbagi soal persiapan sebelum keberangkatan kita.

1.   Niat
Dalam segala jenis ibadah selalu pertama yang diwajibkan adalah meluruskan niat. Buat umroh ini harus meluruskan niat bahwa semata-mata hanya karena panggilan Allah. Jujur gw sempet agak tertampar pas denger ceramah ini tatkala manasik soalnya niat gw emang awalnya doain Ghiffari biar diberi kelancaran terapinya. Jadi, INGAT, LURUSKAN NIAT BAHWA SEMATA-MATA KEBERANGKATAN UMROH ini LILLAHI TA’ALA. Masalah nanti mau berdoa apa aja itu boleh-boleh aja J

2.   Travel Agent
Kebetulan tahun kemarin, mama pergi umroh dan puas banget ama travel agentnya. Tau travel agent ini dari sodara sepupu gw yang udah duluan pake, tapi ternyata di akhir-akhir ketauan kalo yang punya temen kuliah abang gw. Jadi alhamdulillah dapet diskon hihi,,

PT. MEGACITRA INTINAMANDIRI
HEAD OFFICE

Jln. Cimandiri No. 20 Bandung 40115
Jawa Barat – INDONESIA
Telp. +62-22-4206472 | +62-22-4220401 Fax. +62-22-4200782


BRANCH OFFICE

Dharmawangsa Square IV No 42
Jakrta Selatan – INDONESIA
Telp. +62-21-70708201 Fax. +62-22-7078206

3.   Persyaratan Umroh
Kayanya persyaratan ini umum untuk setiap keberangkatan dengan travel agent manapun jadi kalaupun masih bingung mau pakai travel agent apa bisa jg disiapin dulu persyaratan berikut


·       Paspor Umum/Hijau dengan nama minimal 3 (tiga) kata misalnya: Khadijah Aisyah Fatimah. Buat yang cuma punya 2 nama kaya gw, bisa urus di kantor imigrasi. Di imigrasi nanti diarahin buat beli  map sama surat pernyataan penambahan nama. Untuk penambahan nama ini gratis. Prosesnya makan waktu 3 hari. Sementara kalo ga mau urus sendiri bisa minta travel agentnya biaya penambahan nama via travel agent sekitar 250 ribu rupiah.  

·       Pasfoto terbaru berwarna dengan latar belakang putih
- 80% ukuran kepala (focus wajah)

- Warna baju/jilbab kontras dengan latar (bukan putih /senada)

- Tidak memakai peci

- Tidak memakai seragam dinas

- Ukuran, 3×4 = 4 lbr, 4×6 = 6 lbr, 2×3 = 2 lbr

Buat daerah Bogor, gw buat di Malibu Photo Studio, mereka udah ngerti ko kalo dibilang foto untuk umroh/haji 
Alamat Malibu Photo Studio :Jl. Pajajaran 123 D Bogor, telp (0251) 316662

·       Foto copy KTP yang masih berlaku 2 lembar

·       Persyaratan lain:
-        Suami istri : Buku nikah asli + copy, Kartu keluarga Asli +copy

-        Suami istri+anak : Buku nikah asli + copy, Kartu keluarga Asli +copy, Akte Kelahiran Asli+copy

-        Adik+Kakak: Akte kelahiran asli masing masing+copy, Kartu keluarga asli+copy

-        Wanita yg berangkat sendiri dikenakan biaya muhrim, disesuaikan dengan usia.

·       Vaksin meningitis+buku kuning
a.   Dinas Kesehatan Kodya Bogor, Jalan Kesehatan No. 3 Bogor
Biasanya pake sistim daftar tunggu, jadi nanti pas vaksinnya ada akan ditelepon untuk datang.

b.   KKP Bandara Halim Perdanakusuma (021) 8000166, 8098665
c.    KKP Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng, Telp.5502277, 5506068
d.    Garuda Sentra Medika, Kemayoran, Telp. 4241000, 99080383
e.    KKP Tanjung Priok Jl. Raya Pelabuhan No.17 Tg.Priok 021-43931045
Buka jam 8.00-15.00
Gw sendiri suntik meningitis di KKP Tanjung Priok karena dari hasil browsing sana sini. Disini paling ga ngantri.Biaya suntik meningitisnya sendiri Rp 110.000 per orang, khusus untuk perempuan ada biaya tes urine Rp 25.000 (pada saat penyuntikan tidak boleh sedang hamil)

__to be continued__ (maap yang nulis udah kelaperan :p)