2012-12-12

Tidur donk... Nak...

Salah satu rutinitas  challenging sedari melahirkan Ghiffari adalah nyuruh ini bocah tidur.
Pada dasarnya sih kayanya dia sama kaya gw. Kalo emang ngantuk ya tidur tapi kalo belum ngantuk yaa yaa yaa gitu deh...

bulan pertama setelah lahir
Waktu bayi sukses kan yaa 1 bulan pertama gw masih belom biasa tuh kalo siang dia tidur gw masih beresin kamar dan nyuci baju dia (ga ada pembantu cing).

bulan kedua
udah mulai bisa fleksible nurutin saran emak gw, kalo Ghiffari tidur gw tidur (walaupun masih disambi cuci baju haha) malam sama siang dalam 24 jam rasanya semua sama..

bulan ketiga
udah pasrah hihihi... tapi tidurnya udah agak lumayan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Plus gw udah mulai belajar netekin sambil tiduran walaupun ga disaranin dan tiap malem ga tenang jg karena takut kebablasan...

bulan keempat-setahun
ini bulan-bulan udah lumayan enak sih walaupun gw masih bangun beberapa kali dalam semalam tapi seenggaknya udah bisa dia tidur di malam hari.

setahun-1,5tahun
masih tidur pagi dan tidur sore dalam sehari malemnya walaupun baru tidur jam 10-11 tapi lumayan bisa tidur lama. tapi yaa ini kalo lagi bener... kebanyakan sih?
beuh... gw pulang kantor jam 7-8 doi baru bangun. Jadi? tiap malem gw sukses tidur jam 2-3 pagi.
(x_x)
gw suka komplen ya waktu itu sama orang rumah, biar jangan dibiarin tidur terlalu sore.
Gw sampe sengaja suka cuti seminggu benerin tidurnya biar ga nyiksa gw tiap malem jg baru tidur pagi.
Berhasil biasanya kalo gw seminggu cuti tidurnya bener.
Eh begitu gw kerja lagi.. "Dan terjadi lagi Kisah lama yang terulang kembali" *nyanyi lagu Noah

1,5 tahun-2 tahun
Pas banget Chaca pindah Taipei dan gw resign. Sengaja donk gw dedikasikan hidup gw buat benerin tidurnya. Terus jadi bener ga?
Yang ada yaa? gw jadi bangun jam 9 tiap hari hahahaha..
Bukan dia yang jadi bener tapi gw yang jadi ngikutin dia.
Tapi ya seenggaknya gw kan ga teler dan bolak balik sakit yaa..
Dulu gw pas di Taipei ampe sengaja 1x dalam seminggu ikut tidur siang sama Ghiffari.
Kenapa ga tiap hari?
Nah itu cucian ama makan siapa yang kerjain hihihi,,,,

2 tahun -3 tahun
Setelah udah mulai terapi di Taipei dan di Indonesia. Ghiffari jadi lebih punya kegiatan yang menguras tenaga. kayanya... Lama kelamaan ini tidurnya bener sendiri.
Idealnya paling enak kalo
Bangun jam 6-7 terus ntar siang jam 11-2
As I said.. Idealnya lho..
kalo kebablasan jam 9-10 pagi udah tidur siang akibatnya jam 7-8 malem udah bangun dan akibatnya lagi jam 4 pagi udah bangun...
sebaliknya kalo ga mau tidur siang atau baru tidur siang jam 4-6 sore... akibatnya adalah midnite bersama Ghiffari

tapi bedanya sama tahun-tahun sebelumnya kalo sekarang gw udah lebih cuek. Alias gw cuma bilang
"Aa mama udah ngantuk, mama tidur duluan yaa" hahaha...
Lama-lama juga anaknya bosan terus kalo udah ngantuk tidur minta dipeluk..

trus kalo ga tidur ngapain dunk... mmm ,,,, gw kasih contoh aja yaa...

Mau tidur siang
M: Aa tidur yukkk (giring ke kamar)
G: Yukkk
set jam kemudian
G: Pup
M: yaudah kita cebok dulu
set jam kemudian
G: Pup
M: Yaudah kita cebok dulu (lagi)
selesai cebok
M: Kan udah pup sekarang tidur donk
G: *nyanyi kereta api, burung kakatua,  topi saya bundar, (semua lah sekaset gw rasa)
M: *ketiduran (hahahhaahha ya maap)
G: Ma, pensil Upin Ipin
M: yaudah tapi satu aja yaa
G: Bolehlah
M: Bilang apa donk Makasih gitu
G: Sama-sama
M: (-____-!!)
Ghiffari ngambil tangan gw minta dipeluk sambil pantatnya ditepuk-tepuk (bahkan nepuknya pun dia yang atur kekuatan dan ritmenya)
G: Pepaya, Semangka, Alpukat, Apel, Rambutan (semua buah disebut)
G: sapi moo, ular ttsaaah, ayam kukuk...
dan beberapa detik kemudian Ghiffari merem...
dan gw udah ga ngantuk lagi (x_x)

ini jg applicable buat malam lho.. cuma bedanya kalo malem gw udah pasti ngantuk banget,,, jadi begitu Ghiffari tidur gw pun langsung melanglang buana ke alam mimpi. Wong biasanya gw duluan yang tidur hihihi...





10 comments:

  1. hahahaha perjuangannya (kok malah ngetawain)....anakku tidurnya dari skrg udah aku paksa tepat waktu tiap hari, karena aku di rumah. kalo aku kerja lagi besok entahlah....kepikirannya kalo mulai sekolah trus gimana dong tidur siangnya, pas lagi di kelas tiba2 minta tidur .... apa gak puyeng gurunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nov gw ampe suka diomelin sodara-sodara gw dan orang-orang karena gw kesannya 'biarin' aja.

      Tapi gw udah usaha segala macem sampe usaha terakhir gw adalah... tidur duluan aja deh hahahaha

      Delete
  2. hahaha..ya naseeb punya anak hihihi...gw sempet ngalamin juga tuh anak tiba2 bangun jam 12 malem minta maen ampe jam 3 pagi truz pas nyapih seminggu pertama tidur ga nyenyak deh yah :)
    bener banget begitu anak diatas dua tahun udah bisa deh kita bilang bunda tidur duluan yah, kalo di bawah itu yah ngerengek atau tiba2 anaknya udah ada dimana ga kerpehatiin, untung suami gw tipical laki tidur malem jadi kalo anaknya tidur malem, cukup saya serahkan padanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. booo laki gw mah tidur paling duluan kali wkwkwkkw.
      makanya gw salut ama orang-orang beranak dua.
      kapan tidurnya yak :D
      tapi kata kaka gw dia anaknya 3 semua tidurnya bener semua hehe

      Delete
  3. Dari cara tidurnya aja anak anak udah beda-beda ya, anakku dua-duanya jam tidurnya oke, yang bayi tidur jam 8 yang balita tidur jam 9, ga ada yg ngajarin....tapi kalo udah liburan ke ortu n ketemu sepupu-sepupu bisa tuh tidur jam 11 malem, ya aku ngga ikut nungguin, orang emaknya jam 10 ngantuk ga ngantuk nempel bantal bisa langsung tidur. Mari berdayakan suami yang tidur malem buat jagain bocah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *langsung copy paste kirim ke pak suami bagian diberdayakan* hahaha..

      iya mba... bahkan dulu aku tinggal ama tanteku sepupuku itu yang satu biarpun tidur dari jam 5 sore tetep bangun jam 5 subuh. Sementara adeknya kalo tidur jam 5 sore jam 9 bangun dan lalalala sampai jam 3 pagi hehe

      Delete
  4. hai hai.. salam kenal :)
    ga tahan pengen komen hihihi... Anakku, Tara juga sama kalo masalah bobo ngaturrr banget irama dan ritme tepukan pantat, jadi tangan dia megangin tangan kita gitu kan? Susah kaaaan.. Akhirnya ngomong, "Gak mau ah, kalo mau ditepukin biar Ibu sendiri, kalo ngga ga usah.." *lah ngancem :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo juga :D
      iya udah ngatur banyak protes sedep bener yaa mba. kocak banget sih ngomelnya..

      Udah mah yah nungguin 2 jam akhirnya pas doi tidur emaknya udah kaga napsu lagi tidur siang hahahaha

      Delete
  5. sy pernah ngalamin masa2 itu.. tp akhirnya teratur gak terlalu mlm tidurnya stlh mereka mulai sklh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu kan mba... apa nanti kalo punya anak kedua begitu lahir suruh sekolah aja langsung *nyengir*

      Delete