2012-09-06

Nyaris lewat...

Preface:
Yang nulis lagi maraton nntn HIMYM jadi maklum kalo bacaan dibawah jadi sok sok ngikutin gaya bahasa Ted yang lagi ceritain masa lalu :D

It was 2006...

Gw mau operasi usus buntu...
eitsss bentar dulu.. kita backward ke 2 taun sebelumnya.
(kan gw udah bilang gw lagi ngikutin Ted)

2004

Waktu itu masih kuliah dan gw sering banget ngerasain rasa sakit perut ga enak (udah lupa lagi belah mana sakitnya) tapi selalu berasa kembung dan sakitttt banget kaya masuk angin tapi rasanya ga enak banget banget.. Dan gw sebenernya bukan orang yang suka ngeluh sakit ini itu. (eh iya ga sih ga suka ngeluh :p)
Waktu gw cerita ama sodara-sodara gw langsung donk semua bilang "ah ati2 usus buntu tuh jangan makan sambel jangan ini itu" -->> ga membantu yaa? cuma nakut2in doank bisanya.

Sampai akhirnya sepupu gw yang dokter dan lagi ambil spesialis di radiologi nawarin cek di RS Hasan Sadikin (intermezzo : nasgor kantinnya enak deh). Akhirnya berangkatlah gw cek ke RSHS. Hasilnya smuanya normal. Katanya ga ada apa-apa tuh usus buntu masih utuh ditempatnya.

ok sekarang kita akan forward lg ke 2006

Waktu itu gw baru mulai kerja di perusahaan pertama gw perusahaan Hongkong dimana tugas gw jadi kacung eits sekarang jg masih kacung sih. cuma ini kan masih junior engineer. Makan irit, pulang ke bogor naek kereta ekonomi gitu gitu lah.. Demi pengiritan hehe.. Sampai akhirnya tuh penyakit 2004 kambuh lagi. Emang seh belum pernah beneran sembuh alias menahun. Cuma dari hari ke hari rasa sakit perut datang dan pergi sampai akhirnya kaya ga pergi-pergi ga enak terus rasanya. Akhirnya diputuskan buat cek lagi ke MMC.

Sebelum test gw disuruh minum satu gelas yang diisi obat gitu terus dirontgen deh perut gw. Ternyata itu tujuannya biar keliatan sih usus buntunya udah buntu apa masih bekerja ok. Jadi di gambar itu keliatan air obat itu mengalir ke usus buntu gw yang stuck di gambar rontgennya keliatan aliran putih (dugaan gw itu air yang gw minum). Dan dari situ ketauan klo sepertinya ada problem di usus buntu gw.

ngerti ga si? ko kayanya penjelasannya ga OK ya hehe,,, ya intinya gitu lah :D

Dokter akhirnya memutuskan dioperasi aja. "Ini operasi kecil kok mba, setengah jam juga kelar".
Oh dan gw pun menganggap enteng.....

Hari H nya waktu operasi itu datang. Gw inget jadwal operasi adalah jam 4. Gw udah harus siap dari jam 2. Tepat jam 4 gw udah siap dengn kostum operasi. Dan untuk operasi ini gw dibius total. Gw inget diajak ngobrol dokter anestesinya dan dalam hitungan detik tiba-tiba black out..

Ketika tersadar, yang keliatan ama gw adalah dokter anestesi "Liaaa tau ga kamu ini jam berapa? Jam 8!!! Kamu abis operasi 4 jam"

Secara gw masih sadar ga sadar. Gw diem aja donk. Kayanya dalam otak gw masih yang so what?

Keesokan harinya ceritanya gw masih jetlag. Terus berdatangan lah orang-orang nengokin gw ke RS. Gw masih setengah sadar apa ga dan gw blm boleh makan apapun sampe kentut. Dan gw laper! Gw langsung berharap banget cepet kentut hahaha,,,  Dan akhirnya gw kentut pas ditengok ama Mantan gw *evilGRIN*

Mari kita kembali ke cerita yang sebenarnya. Jadi ternyata usus buntu gw udah pecah didalem. Dan karena bius gw itu hanya bisa diperpanjang selama 4 jam lamanya. Dokter gw berusaha keras menemukan setiap serpihan supaya nantinya ga jadi kanker. Waktu diceritain inipun gw masih santai aja. Sementara emak gw udah pucat pasi dan bokap gw santai aja jg sih (tau kan gw mirip siapa). Dalam pikiran gw ah yang penting masih idup :p

Seminggu gw dirawat, cukup lama buat ukuran operasi usus buntu. Gw cuma boleh minum entrasol. Ga boleh makan apapun. Dan begitu pula sampe 2 minggu kedepan.

2 minggu kemudian gw cek lagi ke dokternya. Buat liat perkembangan sisa jaitan dan lain-lain. Ternyata si jaitan udah kering dan semua udah OK. Alhamdulillah. Dan si dokter baru deh cerita kalo dari hasil pemeriksaan darah gw ternyata gw kena TBC Usus. Dan dia bersyukur banget. Karena dia udah deg-degan kalo gw kena kanker usus. Beliau bilang kalo TBC kan 6 bulan makan obat insya Allah sembuh.

Nah baru deh gw mulai sadar... gw baru ngeh kalo gw nyaris lewat...

Dan taun ini setelah 6 taun gw mencoba melihat apa aja yang udah gw lakuin. Dan ternyata gw ga jadi alim atau lebih menghargai hidup gw kayanya. Gw masih bersikap seenaknya, masih bikin dosa tiap hari.

So I write this to remind myself. How if itu bukan cuma nyaris.... Apa yang gw bawa ke alam kubur? Selain dosa gw yang melimpah ruah :(


 

2 comments:

  1. Gue pun suka mikir gituuuu tapi kok herannya masih aha belum tambah alim. Termakan bisikan setan banget deh :(

    ReplyDelete
  2. wow...berarti ususnya udah dipotong sambung yah?*kokginibahasanya* semacam itu lah...
    perlu banget yah nulis begini, biar bersyukur selalu dikasi nikmat sama Allah :)

    ReplyDelete