2012-02-04

Indonesia Mode ON


Indonesia Mode ON

Kalo dipikir-pikir kemarin ini gw tinggal di Taiwan baru sebentar, kira-kira baru 5 bulanan lah. Tapi sebelum memutuskan untuk tinggal sementara di Indonesia dulu buat terapinya Ghiffari, gw langsung bilang sama diri gw sendiri nyalakan alarm “Indonesia Mode ON” hahaha

Kenapa?

1.     Transportasi
Di Indonesia kemana-mana hamper selalu gw nyetir sendiri atau naek ojek sementara di Taiwan gw selalu jalan atau kalo ke tempat yang agak jauhan naik MRT atau bus. Kenapa di Bogor ga jalan aja? Gw sih pribadi ga keberatan tapi kalo ngajak Ghiffari jalan, kalo disini kan ga stroller atau child friendly ya jalanannya. Jangankan buat anak-anak buat orang gede aja kadang ketutup sama tukang jualan

2.     Lalu lintas
Di Taiwan gw kebawa kebiasaan di Indonesia yang kalo nyebrang super hati-hati soalnya di Indo kan mau zebra cross kek mau lampu kuning kek hajar terusssss baaangg… :p
Padahal di Taiwan sebelum kuning pun orang udah mulai melanin kendaraan. Dan kalo ada zebra cross udah pasti mereka berenti. Apalagi liat bawa anak-anak ya…

3.     Empati dan Sopan Santun
Kalo naek lift di Indonesia, jangakan lift di perkantoran atau di tempat yang ga terlalu elit. Di Plasa Indonesia aja yang mall keren gitu, orang cuek aja buru-buru masuk bodo amat deh mau lo bawa anak kek mau kaga pokonya prinsipnya gw duluan!
Kalo di Taiwan, orang nunggu semua keluar terus masuk satu-satu berdasar urutan kedatangan kalo ada yang bawa anak disuruh duluan masuk :D *demen banget gw bawa Ghiffari kemana-mana

4.     Makan Enak
Kalo soal makan enak kaga ada yang lebih enak dari masakan emak sendiri di negara sendiri! Udah mana cari yang halal gampang banget. Ooooh my tummy is numero uno

Notes: Karena udah ngerasain cari makanan halal di negara orang susah makanya gw tertampar untuk belajar lebih perhatian sama makanan di Indonesia yang lebih terjamin halal nggaknya (gara-gara follow @halalcorner neh gw jadi stress mau makan)

5.     Biaya Rumah Sakit
Buat belanja-belanja mungkin Taiwan terbilang lebih mahal well beberapa item sih jelas lebih murah yaa… kaya LV, Gucci, Longchamp dll…
Tapi buat transportasi dan biaya rumah sakit emang murah banget. Kalo ada yang baca tulisan gw sebelum ini >>>>. Keliatan banget kan kalo rumah sakit di Indo itu tergolong mahal. Di Adventist yang notabene rumah sakit International gitu aja gw bayar cuma 90rb perak non asuransi. Karena mereka disana apa-apa disubsidi pemerintah kan. Nah disini bisa sampe 400rban buat diagnose yang imho ga lebih bagus,,,

6.     Social Life
Di Taiwan, jadwal keluar gw yang paling rutin adalah tiap jumat ke masjid, Cukup buat memenuhi kebutuhan gw ngobrol sama sesama orang Indo yang tinggal di Taiwan. Sisanya lebih banyak gw habiskan buat ngurus Ghiffari atau paling ga ke playground sama ke supermarket. Kalo weekend baru kita jalan-jalan sana sini. Dan entah kenapa gw menikmati peran sebagai manusia Goa…

Di Indo, gw bisa tiap hari keluar kalo nurutin kepengenan gw buat ketemu sama temen-temen gw. Dan gw jadi super boros karena kerjaannya jajan mulu hahaha,,, Tapi kebutuhan sosialisasi gw (read:ngegosip) terpenuhi atau malah berlebih kayanya bikin gw ga produktip beberes rmh..


Kesimpulan:
Tinggal dimana aja itu sama aja, ada good side bad side lah. Mengeluh itu cuma menambah beban hidup sementara berpikir positif menambah semangat hidup. Jangan lupa aja sebelum pergi ke tempat lain nyalakan status change mode ON supaya lebih membumi dengan sekitar.

1 comment:

  1. ih mak, postingan yang ini berbau dakwah banget! pertama soal makanan halal, kedua soal semangat hidup. salut! :D

    ReplyDelete