2011-09-21

Ghiffari News Update!

Udah lama ga posting soal Ghiffari..

Umur : 21 bulan 3 mgg

Komunikasi
Yah kalo dibandingin sama bulan sebelumnya udah lebih baik, sekarang Ghiffari maen hide n seek sama bapaknya sambil tunjuk-tunjukkan. Kalo dulu kan dy ogah berat disuruh nunjuk ini itu.
Yang kocak kalo lagi maen terus tiba tiba bapaknya ilang nyumputt... dy teriak "papaaaaaaaaaaaaaaa"
Padahal kan lagi di supermarket *tutupmuka*
Yang seru itu pas ke supermarket ketemu anak cewe kira 2-3 tahun lebih tua dari Ghiffari. Ditepok aja gitu dengan kerasnya sambil bilang "haaaaiiii" *tepokjidat*
Selain itu dia udah mulai bilang "iyuuuh" artinya ayukk... minta keluar apartment nagih jalan jalan
Terus suka nyuruh ibunya berenti masak terus smbl "mamamama" "iyuuuuh" smp ke sofa disuruh duduk terus blg "nenen"

Skill
Kalo soal naik turun tangga jangan tanya deh,,, dari mulai pindah ke apartment ini. Dalam beberapa hari langsung jago naik turun. Dari yang awalnya (sampai skarang jg masih sih) senewen ngeliat dia.. sampai akhirnya cuma ngeliatin aja mastiin gapapa,,,
Mungkin bener kata @dietahadi pas gw curhatin soal kemampuan bahasa yang agak slow, emak ini bilang kalo anaknya ga mau diem gapapa mgkn fisik dulu kali hehe.. sama kaya abang mika :D

Puzzle binatang laut dan alat transportasi udah khatam. Soalnya kalo gw ngantuk gw sodorin ini kayanya lama-lama apal dimana naronya :D

Rumah yang atapnya bentuk-bentuk kaya segitiga, segiempat, bulat, lonjong juga alhamdulillah udah bisa..

Yang lagi diajarin

Potty Training
Udah berjalan kira-kira 2 mgg lebih, tapi masih slow mode ON lah, yang penting Ghiffari ngerti kalo pipis itu basah dan harus ke kamar mandi. Karena selama di Indonesia dulu kan clodian melulu.
Perkembangannya sih lumayan lah udah ga ngompol pas tidur siang.
Tapi kalo ditanya udah berapa yang masuk WC dibanding yang di lantai hehe,, jangan deh malu kebanyakan bobolnya.
Tadinya gw pengen tatur per 2 jam, tapi entah gw yang ga sabaran atau Ghiffari yang ogah kalo ditongkrongin. Setiap di kamar mandi tuh pipis ga pernah keluar jg :S
Jadi akhirnya tiap pipis aja dibilangin, kalo pipis bilang dulu dunk hehe,, *walaupun belom ada tanda-tanda dy mau bilang*. Paling setelah pipis Ghiffari nyamperin gw sambil megangin celana.
Target jg ga muluk-muluk at leas pas umur 2 tahun udah pipis di kamar mandi.

Good newsnya: Cucian clodi berkurang, dispo diapers irit tapi.... cucian celana jadi banyak haha..

Anggota Tubuh
Kalo menurut baby centre neh udah mayday kalo anaknya umur segini kalo ditanya ga jawab mana idung mana mata mana mulut.. Deg-degan jg si, tapi yaudahlah diajarin aja terus. Kalo sampe bulan November masih belum bisa jg yaa kita ke dokter tumbuh kembang anak deh.


Dan inilah Ghiffari lagi mandi hihihi,,,,

2011-09-13

Jianguo Holiday Flower Market Taipei

Minggu kemarin, kita jalan-jalan ke Jianguo Holiday Flower Market. Ada titipan dari sepupu yang punya usaha perkebunan buat beli benih tanaman dan bunga.

Dari apartment kita naik MRT ke Zhongxiao Fuxing dari situ kita jalan ke Jianquo Flower Market. Untungnya emang pas jamnya Ghiffari tidur, jadi pangeran tidur manis di strollernya.


*maafkan tampang emaknya sok imut*

Kita berdua bukan tipe orang yang ngerti tanaman walaupun hidup diantara orang-orang pencinta tanaman sih sebenernya. My dad loved it so much! and also my MIL..

Tempatnya bagus dan rapih dan ide untuk memanfaatkan bawah rel MRT juga menarik.


Begini kira-kira suasana penjualan tanaman dan bahan sayuran organik.. Macam-macam pot dan juga hiasan-hiasan untuk taman diperjualbelikan disini.


Dengan senang hati kita bakal ridho dateng kesini lagi kalo ada yang nitip beli beli benih tanaman lagi :)

Jianguo Holiday Flower Market, Taipei City, Taiwan

Hidup tanpa macet

Sejak pindah kesini sebulan terakhir, gw merasakan betapa hidup jadi jauh berbeda tanpa kehadiran "si komo lewat" alias macet.. Dulu sebagai manusia bogor-jakarta PP setiap hari naik Commuter Line atau bawa mobil yang paling kerasa adalah capeknya perjalanan.. Setiap hari 4-5 jam waktu gw dipake buat menuju ke kantor SEBELUM bekerja..

Disini, kan aye jadi ibu rumah tangga jadi emang kaga kena macet sih, cuman chaca kan kantornya 10 menit dari apartment. Jadi ritualnya adalah :

09.00 Berangkat ke kantor
12.00 Keluar dr kantor buat makan siang di rumah
12.10 Udah sampe leyeh-leyeh maen dulu ama Ghiffari kalo masakan makan siang belum selesai
13.30 Udah tidur siang terus makan siang dan sholat Dhuhur berangkat lagi ke kantor
18.30 Pulang dari kantor
18.40 Udah sampe apartment terus solat Maghrib dan makan malem
19.30 Waktunya jalan-jalan ke supermarket deket rumah atau ke Carrefour atau beli teh aja diujung jalan
21.00 Udah di rumah lagi :)
22.00 Siap siap naik ke atas tmpt tidur

Beda banget kan ya sama ritual Chaca pas di Jakarta

06.30 Berangkat ngejar kereta jam 7
08.30 Sampe kantor terus kerja
17.30 Pulang kantor ke stasiun ngejar kereta jam 18.40 sekalian solat di stasiun
20.30 Sampai di rumah dengan badan pegel-pegel

Nah yang terasa berbeda adalah pegel-pegelnya dan waktu 4-5 jam itu yang kalo disini bisa kita pake jalan-jalan atau cuma leyeh-leyeh sambil maen bertiga Ghiffari. Joget-joget nntn barney. Lari-larian di apartment segede upil ini hihi.. Quantity and quality time :)





2011-09-07

Taiwan People

Setelah sebulan disini saya memperhatikan bahwa :


  1. Orang taiwan senang sekali jalan, baik tua maupun muda, jam 5 pagi setelah Subuh banyak orang jalan pagi dari segala usia, banyak sekali nenek-nenek dan kakek-kakek yang olahraga. Hal yang sama berlaku setelah maghrib tiba. Setiap kita jalan pergi ke supermarket kita ngelewatin sekolah yang isinya adalah lapangan lari yang selalu penuh setiap hari,,, Isinya anak muda yang main basket, nenek-nenek yang keliling lapangan jalan kaki ataupun lari. Salut deh sama semangatnya mereka. No wonder disini orang pada langsing-langsing
  2. Orang taiwan ramah-ramah. Tiap 2-3 hari sekali saya ke pasar dekat apartment atau yang agak jauhan sedikit. Cara mereka menyambut dan menjawab pertanyaan ramah sekali. Hampir tiap hari iseng ke family mart entah kenapa Ghiffari demen banget kesini. Para penjualnya ataupun orang lokalnya selalu ramah dan tidak memandang aneh pada saya yang notabene menggunakan jilbab dan ga umum disana :)
  3. Orang taiwan itu peka terhadap sesama. Inget dunk gimana kalo di Indonesia kita naik kereta? :p Tabrak-tabrakan sambil rebutan. Kalo disini waduh baru naik bus, dilihat bawa Ghiffari, ud langsung pada berdiri. Waktu kapan gitu barang belanjaan gw jatuh di bus ngegelinding *malu abis* ada anak muda ngambilin dunk... 
  4. Orang taiwan rasa malunya tinggi. Disini berapa kali saya temukan orang berkursi roda yang jualan entah itu sikat gigi odol atau perlengkapan rumah. Iya, mereka jualan diatas kursi roda, sambil menawarkan orang satu-satu. Dan saya belum menemukan tukang minta-minta di pinggir jalan.
  5. Orang taiwan jarang sekali bisa bahasa Inggris.. Termasuk parah menurut saya, bahkan di Starbucks sekalipun ga banyak yang bisa bahasa inggris. Yang paling parah adalah ketika saya mau membeli nomor postpaid di Chunghwa Office (semacam Grapari kalo Telkomsel mah). Butuh setengah jam untuk mencari orang yang emang bisa bahasa Inggris. God bless that girl :)
Senang rasanya kalo sedikit-sedikit Indonesia bisa lebih peka didukung dengan pemerintah yang memang berniat memajukan bangsanya :) 

節日快樂穆巴拉克 - Happy Eid Mubarak

Dengan ini kami sekeluarga mengucapkan :

Selamat Idul Fitri
1 Syawal 1432H
Mohon Maaf Lahir dan Batin


Judul Lebaran kali ini adalah lebaran di kampung orang...

Day-1
Nunggu pengumuman di TV Indonesia lebaran jadi hari selasa atau rabu ya...
Istri     : Pah, feelingku lebarannya besok d
Suami : Masa si? di webnya Taipei Grand Mosque belum ada pengumuman tuh rabu deh kayanya 
Istri     : Iya kali ya

lanjut masak sambil dengerin sidang isbat yang akhirnya menyatakan kalo lebaran jatuh pada hari Rabu, disambut dengan sorak sorai manusia twitter dan facebook yang kocak kocak hehe...

Masih tetep keukeuh, "say, telp dunk ke taipei grand mosque jadinya kita disini lebaran kapan?"
Suami gw smbl geleng-geleng jawab "iyee iyee"

Call conversation :
C : assalamualaikum, hallo can I speak with u in English
T : waalaikum salam sir, we are still having a meeting to decide eid mubarak. Please call again after 12.
You want to ask that right?
C: haha, yes yes.. thank u, i will call back later

Lebaran Day

Udah males-malesan masak gini buat sahur ah ntar aja d kalo udah pasti, akhirnya kita beranjak ke tmpt tidur... Tak dinyana jam 2 pagi Ghiffari bangun dan ga mau tidur lagi sampe jam 4. Iseng banget yak,,, Padahal ga pup jg. Tp karena Ghiffari bangun kita jadi cek web dan pengumumannya udah keluar lebaran di Taipei hari Selasa which is berarti hari itu dunk. Gw balik mendengkur...

Jeng jeng jeng... Telat bangunnnnnnnn... Jam set 8 bangun hiks padahal pengumuman sholat jam 8. Chaca udah blg ga sampe deh kayanya. Tapi kita pikir garing amat yak lebaran ga solat eid. Jadi gw nekat bangunin Ghiffari mandiin terus gw mandi.. minum beberapa teguk dan makan roti dibawa.. Chaca mandi terus ke bawah minta yang jaga apartment buat nelepon taksi terus kita langsung cabuttttt ke Taipei Grand Mosque.

Alhamdulillah ya... *dengan gaya Syahrini
Sampai Masjid walaupun udah rame sampai keluar-luar tapi solatnya belum dimulai. Walaupun akhirnya gw tetep ga solat gara-gara Ghiffari pengen jalan jalan ke shaf orang pas gw baru mulai takbir. Tapi tetep aja alhamdulillah, abis sholat kita salam salaman sama orang yang ga dikenal. Kebanyakan si orang Indonesia, TKW atau mahasiswa atau keluarga kaya kita. Banyak juga orang Arab, Afrika dan Pakistan. 
Sejenak gw baru menyadari bahwa gw lagi lebaran di kampung orang :p 

Karena Chaca harus tetep masuk kerja (di Taipei lebaran ga masuk tanggal merah begitupula Natal) jadi langsung pulang dan Chaca langsung berangkat lagi ke kantor. 

Sekian saja cerita lebaran kami hehe...

Makanan lebaran?

ooo ada ada, lebaran kali ini saya untuk pertama kali seumur hidup masak sendiri hihi,,,
- Sambal Goreng Kentang
- Rendang (eh ini ga masak deng ini bawa dari Indonesia)
- Tumis Bayam 


Kabar beritanya KDEI (Kantor Dagang Ekonomi Indonesia) di Taipei bakal ngadain halal bihalal tanggal 18. Dan kami insyaAllah pengen banget bisa hadir dan ketemu teman sebangsa :)