2011-09-07

Taiwan People

Setelah sebulan disini saya memperhatikan bahwa :


  1. Orang taiwan senang sekali jalan, baik tua maupun muda, jam 5 pagi setelah Subuh banyak orang jalan pagi dari segala usia, banyak sekali nenek-nenek dan kakek-kakek yang olahraga. Hal yang sama berlaku setelah maghrib tiba. Setiap kita jalan pergi ke supermarket kita ngelewatin sekolah yang isinya adalah lapangan lari yang selalu penuh setiap hari,,, Isinya anak muda yang main basket, nenek-nenek yang keliling lapangan jalan kaki ataupun lari. Salut deh sama semangatnya mereka. No wonder disini orang pada langsing-langsing
  2. Orang taiwan ramah-ramah. Tiap 2-3 hari sekali saya ke pasar dekat apartment atau yang agak jauhan sedikit. Cara mereka menyambut dan menjawab pertanyaan ramah sekali. Hampir tiap hari iseng ke family mart entah kenapa Ghiffari demen banget kesini. Para penjualnya ataupun orang lokalnya selalu ramah dan tidak memandang aneh pada saya yang notabene menggunakan jilbab dan ga umum disana :)
  3. Orang taiwan itu peka terhadap sesama. Inget dunk gimana kalo di Indonesia kita naik kereta? :p Tabrak-tabrakan sambil rebutan. Kalo disini waduh baru naik bus, dilihat bawa Ghiffari, ud langsung pada berdiri. Waktu kapan gitu barang belanjaan gw jatuh di bus ngegelinding *malu abis* ada anak muda ngambilin dunk... 
  4. Orang taiwan rasa malunya tinggi. Disini berapa kali saya temukan orang berkursi roda yang jualan entah itu sikat gigi odol atau perlengkapan rumah. Iya, mereka jualan diatas kursi roda, sambil menawarkan orang satu-satu. Dan saya belum menemukan tukang minta-minta di pinggir jalan.
  5. Orang taiwan jarang sekali bisa bahasa Inggris.. Termasuk parah menurut saya, bahkan di Starbucks sekalipun ga banyak yang bisa bahasa inggris. Yang paling parah adalah ketika saya mau membeli nomor postpaid di Chunghwa Office (semacam Grapari kalo Telkomsel mah). Butuh setengah jam untuk mencari orang yang emang bisa bahasa Inggris. God bless that girl :)
Senang rasanya kalo sedikit-sedikit Indonesia bisa lebih peka didukung dengan pemerintah yang memang berniat memajukan bangsanya :) 

2 comments:

  1. hallo kak.. aku May :)
    aku mau tanya apa kakak sekarang masih tinggal di taiwan?
    tolong di reply ya.. ^^

    ReplyDelete
  2. aku lagi di Indo say. tapi nanti balik lagi kenape emg?

    ReplyDelete