2011-04-04

Dana Pendidikan Ghiffari

Banyak orang bertanya gimana sih cara memanage dana pendidikan untuk Ghiffari sekolah nanti. Sekitar satu tahun yang lalu waktu Ghiffari baru lahir, saya membuat asuransi pendidikan di salah satu perusahaan asuransi dengan sistem auto debt setiap bulannya sebesar 500.000. Ketika itu saya sama sekali belum melek financial.

Masuk ke kantor, seorang teman kantor bercerita tentang reksadana + logam mulia (emas). Tapi karena hanya selewat maka saya acuhkan saja. Sampai saya terlibat suatu pembicaraan serius dengan seorang teman dekat dari jaman kuliah yang benar-benar meyakinkan kalo saya super payah dalam urusan investasi. I know nothing.

Berbekal dengan rasa ingin tahu dan kesal karena merasa bodoh saya mati-matian belajar ilmu investasi sejak saat itu. Sebelum memulai saya ingin yakin dulu tentang urusan investasi ini.

Referensi-referensi saya ketika itu adalah link-link berikut:

Dan juga beberapa masukan dari sesama orang tua
Juga berbagai artikel lainnya yang saya lupa ada dimana saja. 
Selain itu saya juga follow twitter para perencana keuangan untuk berbagai tips yang seringkali diberikan.

@mrshananto - Ligwina Hananto
@ahmadgozali - Ahmad Gozali
@safirsenduk - Safir Senduk
@aidilakbar - Aidil Akbar
@endykurniawan - Endy Kurniawan - Pemerhati logam mulia - Penulis buku Think Dinar!
@salmadinar - update harga Dinar, Dirham, Logam Mulia 
@emas24karat - update harga LM

Hasil dari baca-baca sana sini, beginilah perencanaan dana pendidikan Ghiffari sampai hari ini.


Darimana rekaan dana yang ditaruh di kolom "Total Investasi Saat Ini", dari hasil tanya-tanya ke ibu-ibu sekitar (read: my big sis and bro). 
Untuk dana Playgroup yang udah disurvey sebenarnya nilainya kurang dari yang tertulis. Tapi seperti kata Ligwina Hananto mestinya kita menaruh dana yang termahal seperti sekolah swasta sebagai target. 
Begitu pula untuk TK dan SD karena kebetulan kakak laki-laki saya mendaftarkan putri-putrinya ke TK jadi saya punya gambaran harga saat ini. 
Untuk SMP dan SMA kebetulan saudara sepupu baru saja memasukkan anaknya ke sekolah negeri dan nilainya masih dibawah yang dituliskan diatas tapi mungkin saja sekolah swasta jauh lebih mahal dari itu.
FYI, ini ilustrasi sekolah di Bogor, tempat tinggal saat ini, jadi kalo pindah ke luar kota juga bingung mungkin mesti dirombak lagi :)
Untuk kuliah sendiri saya ambil dari kalkulator Sequis Life untuk mendapatkan nilai Rp.150.000.000

Bagaimana cara memenuhi dana pendidikan tersebut? Sebagian orang-orang memilih untuk mencicil ada juga yang langsung melunasi dari sekarang. Menurut saya sih itu pilihan tiap keluarga karena kondisi keuangan tiap keluarga berbeda. Keuntungan mencicil tentunya terasa lebih ringan setiap bulannya sementara langsung dipenuhi dari sekarang berarti lebih cepat selesai.
Kalo untuk kita sendiri, beberapa kita pilih cicil dan beberapa langsung dilunasi jadi mengadopsi kedua keuntungan (begitu pula kerugian).

Selamat berhitung.. :)


2 comments:

  1. Weiiz...emas 350 gram mak?wkwkwwkwkw...
    Puyeng yah belum mikir dana darurat dana buat rumah, etc..
    Semoga kita selalu dimudahkan rejekibuat nyekolahin anak2 kita yah mak :)

    ReplyDelete