2010-07-27

Asal Mula Car Seat

Mengajarkan Ghiffari terbiasa dengan car seat, Alhamdulillah bukan hal yang sulit. Karena dari awal kita mencoba membiasakan dia duduk dengan tenang di car seatnya.. Awalnya karena kebodohan emaknya car seatnya masih menghadap ke depan layaknya orang besar *abis emaknya yang norak mikirnya kasian amat anaknya kaga ada pemandangan :p*, setelah belajar sana sini baca sana sini dan tanya sana sini akhirnya sedikit demi sedikit lebih paham sama kegunaan car seat ini.

Car seat Ghiffari bawaan dari strollernya si ELLE merah. Penampakannya seperti di bawah ini :

Car Seat atau lebih tepatnya Child Safety Seats didesain khusus untuk anak-anak agar terhindar dari luka atau maut pada saat terjadinya kecelakaan *sambil ketok ketok meja mudah2an ga ngalamin*

Kalo di luar negeri sono penggunaan car seat ini harus sesuai dengan undang-undang lho. Sehigga penggunaannya sendiri jadi lebih effective.
Asal usul diciptakannya si car seat setelah melakukan penelitian bahwa banyak anak dibawah umur 14 tahun yang meninggal saat kecelakaan mobil karena mereka tidak berada dalam posisi yang tepat di kendaraan.
Gara gara ini jg Amerika Serikat sekarang menetapkan bahwa anak dibawah umur 14 tahun diharapkan menggunakan child safety seats sementara di Australia agak lebih ringan yaitu dibawah 7 tahun.
Di Indonesia? Wah kayanya blm ada yaa,, Gimana pula sama yang bawa bayi naek motor?

Ada 3 macam Child Safety Seat :
Infant seats - dipakai dari newborn sampai dengan kira-kira 14 kg dan HARUS selalu menghadap kebelakang. Nah ini yang sampai saat ini digunakan Ghiffari. 
Convertible seats - kalo yang ini banyak dipakai toddler atau preschool biasanya bisa menghadap ke depan dan bisa menghadap ke belakang. Tapi menurut source yg saya baca ada baiknya selama mungkin menghadap ke belakang kalo bisa sampai umur 4 taun. (Lama amat yaa?)
Booster seats - Nah kalo yang ini buat anak SD kali yaa biar tingginya sama ama orang dewasa. Penggunaannya menghadap ke depan.

Untuk keterangan lebih lengkap bisa dibaca disini 

No comments:

Post a Comment