2010-03-04

Tips penggunaan botol ASIP by mommy Lia

Gw buat tulisan ini karena yang beli botol ASIP suka nanya naya soal penggunaan si Botol ASIP :)
Ini berdasarkan pengalaman gw ya selama 3 bulan terakhir ngumpulin ASIP jadi CMIIW n juga berdasarkan botol kaca yang gw pake n jg gw jual lo. Postingan soal botol ada disini.

1. Botol ini mampu menampung sampai 120ml jadi kalo ini hari senin n di kantor mau mompa buat dikasih ke babynya hari selasa (keesokan harinya) ya gapapa diisi 120ml asal ditaruh di kulkas bawah yaa. Tapi saran gw kalo mau dibekuin isi aja 100ml kan ada tanda - (strip) tuh di botolnya isi aja segitu. Takut aja isinya memuai n malah bikin botol pecah walaupun belum pernah ngalamin (jangan sampe jg)..
Tapi insyaAllah si botol ini tebel ko jadi kemungkinan pecahnya lebih kecil.
Dan lagi setelah gw survey ke kebanyakan ibu ibu menyusui yang bekerja biasanya babynya pada minum 100ml per 2-3jam sekali. Jadi biar ga sayang kalo nyisa n harus dibuang. Karena diriku jg merasakan bahwa tiap ml ASI itu sangat amat berharga sekali ya.

2. Jangan lupa setelah beli dicuci dulu terus disteril ya. Baiknya sih setelah disteril langsung dipake within 1 jam. Cara steril bisa di rebus atau pake sterilizer. Tp kalo di kantor pake aer panas jg gapapa.. Soale mau rebus dimana hehe..
Oo iya kalo direbus pake panci kan tutupnya karet yaa jangan dibarengin ma kaca takut bau karetnya nyampur sama botol kacanya,, kalo pake sterilizer merk crown (punya gw ga tau ya yang laen) itu ada raknya jadi gapapa ditaruh disitu aernya ga jadi satu,,


3. Tutup karet yang gw jual ada beberapa macem (ga tau dapet dari suppliernya emang beda-beda) tapi semuanya warna abu abu (soalnya pernah ada yang nanyain tutup karet yang putih) nah yang paling aman itu adalah yang tutup karetnya agak lebih panjang tapi sayang sekali ini agak limited edition yang biasa emang pendek makanya kadang suka meletup.
Tapi tips dari aku mending kalo dah ngumpulin beberapa botol ASIP ditaro lagi di box semacam tupperware. Aku sendiri pake box merk claris muat untuk 18 botol jadi setiap 18 botol aku masukin kesitu tingginya jg pas sama ukuran boxnya jadi si tutup ga meletup.
Biasanya meletup itu karena perubahan udara kalo kita buka tutup si freezer (yang ini jg CMIIW soalnya cuma berdasarkan pengamatan) jadi lebih save kalo pake box lagi. Terus si box itu dilabelin sesuai dengan nomor urut mana yang asipnya paling lama :) jadi kan kalo buka2 cuma satu box aja gitu,, selama seminggu :).
Nah kalo dah kosong diisi pake yang baru deh..

4. Saran dari gw tutup karet direndem dulu semaleman soalnya suka bau karet yaa. Besok paginya dicuci terus baru disteril biasanya sih udah ilang baunya,,

5. O iya kalo masang stiker di botol asip pas mau ditaruh di kulkas bawah ya karena kalo dah masuk freezer udah susah nempel tuh stiker. Pas udah selesai dipake terus nyucinya jangan lupa dibersihin bekas sisa stiker biar ga keliatan jelek botolnya :)

Baiklah sementara itu sekian terima kasih hehe.. Tunggu tips dan trik berikutnya untuk cara menyimpan hasil pompa asi dan cara memompa yang biasa mommy Lia lakukan :D

No comments:

Post a Comment