2010-02-04

Beberapa tips dari dokter semenjak Baby G lahir

Namanya jg ibu newbie yaa banyak banget hal baru yang gw ga tau untungnya gw punya temen temen sesama ibu baru juga,, thanks to Riska, Anthie and Icha gw jadi ada teman berbagi suka duka :D

Tips ala Mommy Lia selama 2 bulan:

1. Newborn susah dibangunin tp tetep harus disuruh mimik 2 jam sekali
Waktu ghiffari baru lahir, gw kan rawat gabung bahasa kerennya rooming in karena dy kan anak ASIX. jadi dy di kamar gw terus, nah ASI gw itu blm keluar baru kolostrumnya aja yang kuning2 kata dsa . Nah kalo nangis tuh Ghiffari meraung raung walaupun menurut teori 48 jam pertama bayi itu blm laper gw rasa sebenernya dy laper hehe soalnya pas asi gw keluar dy langsung sukses molor berjam jam,,

Nah karena pengalaman gw waktu di rsia ghiffari nangis meraung raung n gw ga tau peraturan 2 jam sekali hehe,, jadi kalo dy tidur lama gw biarin aja abis gw pikir itu bagus hehehe,, ternyata oh ternyata umur 4 hari di pipisnya ada bercak pink, gw panik gw pikir darah tanya om gw yang dsa by phone itu ga normal kalo emang darah. Akhirnyagw kontrol di hari ke7 karena si bercak tak kunjung hilang..

Btw sebelum ke dsa gw sempet baca di What to expect First Year kalo itu adalah salah satu tanda ASI kurang. Tapi untuk meyakinkan gw pergi ke dsa. Pas di dsa dicek dy blg suruh cek lab pake pipisnya nah ngambil pipisnya itu setengah mati (namanya jg ortu baru 7 hr) akhirnya baru besok subuh anter ke lab buat ngasih pipisnya.

Hasilnya kadar proteinnya tinggi, karena dehidrasi jadi protein yang ada di tubuh di pecah ikut keluar bersama pipis n berbentuk kristal pink jadi itu BUKAN DARAH,, Ini katanya banyak terjadi di luar negeri jarang di Indonesia. Keren ya anak gw hihihi,,,

So, setelah itu setiap 2 jam mau anaknya lagi tidur tetep gw bangunin gw suruh nete,, selain biar produksi ASI gw nambah terus jg biar NO DEHIDRASI.

2. Please only ASI yaa..
Ghiffari emang blm lulus jadi sarjana ASIX but I will try my very best to make it happen.
Alhamdulillah dsa yang nolongin persalinan gw itu perempuan dan ngasih ASI sampe 2 taun jadi dy banyak cerita suka dukanya n ngasih gw saran jangan kasih sufor, emang sufor akan cepet bikin baby kita diem tapi itu ga bagus buat pencernaannya nanti,

3. Ga usah ngejadwalin waktu mimik
Yup dulu pas dy super kebluk gw mesti mastiin tiap 2 jam sekali, tapi setelah latch on bener ghiffari sering banget minta mimik awalnya selalu gw jam jadi gw biarin aja nangis meraung raung tapi ko jadi rewel banget. Jadi lama lama setiap dy mau gw kasih aja walaupun anak gw suka agak rakus ya udah kenyang jg tetep aja ngisep terus yang ada muntah deh,, Tapi kalo anak kenyang itu jauh lebih tenang lo.. Walaupun kadang tetep rewel secara Ghiffari tipe bayi lebay hehehe (parah ya emaknya ngatain anaknya),,,

4. Ga usah maksain waktu tidur
Dulu orang orang nyaranin segala macem biar gw ga begadang, tapi nyokap blg biarin aja nanti jg bener sendiri. Awalnya gw sempet ikutin saran orang orang, tapi suatu hari gw coba ganggu tidur anak gw biar ga kebluk siangnya n u know what gw tobaaaaaaaat d malemnya rewel abis sampe kebesokan harinya.

Ghiffari di umur 2 mgg udah tidur malem hari cm bangun minta minum doank sama ganti popok tapi gara2 sempet kembung perutnya di umur sebulan dy berbalik lagi jadi rewel di malam hari kira2 dapet 2 mgg lah kaya gitu tapi setelah itu tanpa diapa apain (dibantu dengan doa mamanya aja supaya cepet bener wakaka,,) tidurnya bener sendiri,

Walhasil sekarang setiap jam 10-11 udah tidur abis ritual cucu bobo n jam 2-3 bangun minta ganti popok karena biasanya pup super banyak, n ga rewel pas diganti sibuk ngajak ngobrol n jam 2 pagi ini adalah masa paling cerewet hahaha,, ngajak solat malem kali yaa.. ntar setengah jam kemudian langsung dy tidur lagi sampe jam 6an sisanya maen deh sampe 7 waktunya mandi terus nenen n bobo pagi :)

Jadi ntar jg bobo sendiri ko,,,

5. Tanda ASI cukup? Pup at least 4x super banyak, Pee at least 6x. Berat naik min 500 gr/bulan
Karena ghiffari pernah dibilang dehidrasi jadi di umur sebulan gw sering banget itung pee dan pupnya,, N karena pernah dehidrasi itu waktu lahir berat ghiffari 3630 gram pulang dari rs 3 hr kemudian turun jadi 3300 gram, nah baru balik ke berat lahir setelah 18 hari sebenernya ini terbilang lama karena mestinya 2mgg tapi kata dsa gw its okay, keep on ASI aja.. Cihuy ya dsa gw..

Tapi di umur sebulan alhamdulillah beratnya udah 4145 gram yang artinya udah naek 845 gram dari 3300gram. Artinya ASInya cukup dunk n gw berusaha nanamin percaya diri kalo ASI gw cukup didukung sang suami yang selalu bilang PASTI CUKUP.

6. Rajin pompa ASI dikit banyak tetap SEMANGAT
Tepat hari ini gw ngumpulin kira kira 30-35 botol ASIP isi 60-140ml rata2 si 80-90 ml. Masih sedikit karena bulan kemarin cuma mompa sehari sekali saja.. Ada masa masa yang sukses sekali pompa dapet 95ml satu payudara ada masa masa cuma dapet 40-50ml..
Tapi kalo kata hubby, yang penting pompa terus ga usah khawatir n mikirin hasilnya,,
Emang pasti ada sebab kalo lagi dikit entah capek atau lagi ada yang dipikirin jadi emang kuncinya ga boleh stres.. Gampang gampang susye,,

7. Puting sakit pastikan latch on tepat
Dulu gw liat di banyak artikel soal latch on bayi ke puting supaya posisi ngisep bener tapi oh ternyata its not that easy loo,, gw sempet ngalamin yang puting lecet n perih alhamdulillah ga sampe berdarah karena begitu lecet gw langsung olesin salep setiap abis mandi n ASI setiap abis nyusuin.
Kalo puting sakit jangan berenti nyusuin yaa jangan kapok deh,, anggep aja emang resiko jadi ibu ibu hihihi lama lama jg ilang ko sakitnya apalagi kalo liat anaknya mabok ASI, kayanya puass bisa ngasih dy mimik langsung dari pabriknya

8. No diet
Gw naek 14-15 kg sekarang masih surplus 1-2kg aja sih,, tanpa diet ngurus anak sendiri itu udah diet kalo kata gw hahahhaa,, apalagi pas 2 mgg pertama gw langsung turun 8kg,, sisanya 2mgg 1kg doank.. kadang naek lagi malah tapi ntar turun lagi gitu terus,, ga usah diet malah mesti makan yang banyak kalo kata hubby gw makan sekarang kaya kuli blm ditambah minum susu, telur rebus sama sayur katuk tiap hari..

9. Daerah lipatan di daerah selangkangan dan pantat harus selalu kering
Ghiffari pernah ruam popok pas gw pakein pampers merk GooN mungkin ga cocok yaa, terus sama dsa gw dikasih salep n dioles tipis2 aja smp ilang merah2nya. Salep nya masih gw simpen sampe sekarang setiap agak merah langsung gw pakein d.

Tapi untuk menghindari ruam popok, selalu pastiin keriiiing tuh semua lipatan yang ada di daerah selangkangan dan pantat. Insya Allah aman karena pipis sama pup itu kan katanya ada amonianya yang bikin kulit iritasi,,

10. Usahakan selalu sendawakan setiap abis mimik
dulu pas ghiffari susah tidur kalo abis mimik dy ketiduran ga pernah gw bangunin buat sendawa takut susah lagi nidurinnya (kan kasian ghiffari n emaknya jg :D).. Tapi ini ternyata bikin perut kembung lo,, jadi usahain selalu sendawa karena kalo udah kembung Ghiffari reweeeel banget ga enak kali yaa terus kentuttttttt terus...
Jadi karena kapok gw sekarang selalu nyuruh dy sendawa n kalo udah sendawa badannya melemas n terus malah tidur sendiri..

Hmm apa lagi yaaa nanti deh kalo inget gw tambahin sekarang segitu dulu mudah2an berguna yaa,,,

Sesi selanjutnya nanti soal review barang2 yang super penting sampe ga penting2 amat tunggu saja di blog berikutnya :)

No comments:

Post a Comment