2009-08-26

Imsak

Hari senin kemaren mendekati waktu subuh setelah melewati imsak, gw muntah,, setelah muntah gw minum beberapa teguk air putih hangat, Terus suami bertanya emang boleh ya kalo udah imsak masih tetap minum, terus gw bilang boleh setau aku imsak cuma penanda atau semacam lampu kuning tidak boleh makan adalah setelah subuh datang,,,

Untuk kajian lebih lengkapnya gw cari di google blog yang meliput lengkap tentang imsak berikut hadistnya

Kapankah Imsak?

Judul Asli: Imsak, Imsak… Saatnya Berhenti Makan

Penulis: Ustadz Abu Al-Jauzaa’ -semoga Allah membalas kebaikannya-

Begitulah yang sering kita dengar 10-15 menit sebelum adzan Shubuh berkumandang….. Tidak lupa diiringi kentongan, sirine, atau peringatan-peringatan semisal yang disuarakan lewat speaker masjid. Katanya, jika waktu imsak telah datang kita sudah tidak diperbolehkan lagi makan dan minum karena termasuk waktu makruh – dan bahkan sebagian lain mengatakan waktu yang haram (untuk makan dan minum).

Di bawah ini akan disajikan tulisan ringan yang berisi beberapa hadits/atsar serta penjelasan ulama yang berkaitan dengan imsak puasa untuk mendudukkan perbuatan tersebut dalam syari’at Islam.

عَنْ انس بْنِ مَالِكٍ عَنْ زيْد بْن ثَابِتٍ رَضَي الله عَنْهُمَا قال: تَسَحَّرْنَا مَع رَسُولِ الله صلى الله عليه وسلم ثُمَّ قَامَ إلى الصَّلاةِ.

قال أنس: قُلْتُ لِزيْدٍ : كَمْ كَانَ بَيْنَ الأذَانِ وَالسُّحُورِ؟ قال: قَدْرُ خَمْسِينَ آيةٍ .

Dari Anas bin Malik dari Zaid bin Tsabit radliyallaahu ‘anhuma ia berkata : ”Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam, kemudian kami berdiri untuk shalat. Maka saya (Anas) berkata : “Berapa lama jarak antara adzan dan makan sahur?”. Ia (Zaid) menjawab : خمسين آية(kira-kira bacaan lima puluh ayat dari Al-Qur’an)” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 1921 dan Muslim no. 1097].

Yang dimaksud adzan di sini adalah iqamat.

Asy-Syaikh Abdullah bin Abdirrahman Aali Bassam dalam Taisirul-‘Allam Syarh ‘Umdatil-Ahkaam (1/569-570 no. 177) mengatakan bahwa adzan yang dimaksud dalam hadits tersebut adalah iqamat. Iqamat disebut juga dengan adzan sebagaimana hadits :

عن عبد الله بن مغفل المزني أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : بين كل أذانين صلاة – ثلاثا – لمن شاء.

Dari ‘Abdullah bin Mughaffal Al-Muzanniy : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda : “Diantara dua adzan ada shalat – beliau mengatakannya tiga kali – bagi siapa saja yang ingin melakukannya” [Diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 624, Muslim no. 838, Ad-Daarimiy no. 1480, dan Ibnu Hibbaan no. 1559-1561].

Juga, sahur yang dilakukan Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para shahabat adalah mendekati adzan shubuh atau bahkan mendekati iqamat. Hal itu ditunjukkan oleh beberapa qarinah (keterangan) riwayat sebagai berikut :

1. Abu Hurairah radliyallaahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

إذا سمع أحدكم النداء والإناء على يده فلا يضعه حتى يقضي حاجته منه

“Jika salah seorang kalian mendengar panggilan (adzan) sedangkan bejana (minumnya) ada di tangannya, maka janganlah ia meletakkannya hingga menunaikan keinginannya dari bejana (tersebut)” [Diriwayatkan oleh Ahmad no. 10637 dan Abu Dawud no. 2350 dengan sanad hasan; lihat Al-Jaami’ush-Shahiih 2/418-419 oleh Asy-Syaikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i].

2. Hadits maushul yang diriwayatkan dari Al-Husain bin Waqid dari Abu Umamah, ia berkata :

أقيمت الصلاة والإناء في يد عمر قال أشربها يا رسول الله قال نعم فشربها

“Pernah iqamah dikumandangkan sedangkan bejana masih di tangan Umar (bin Khaththab) radliyallaahu ‘anhu. Dia bertanya kepada Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam : Apakah aku boleh meminumnya?”. Beliau menjawab : “Boleh”. Maka Umar pun meminumnya” [Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir 3/527/3017 dengan dua sanad darinya; shahih].

3. Hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Lahi’ah dari Abu Zubair, ia berkata : Aku pernah bertanya kepada Jabir tentang seseorang yang bermaksud puasa sedangkan ia masih memegang gelas untuk minum, kemudian ia mendengar adzan. Jabir menjawab :

كنا نتحدث أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ليشرب

“Kami pernah mengatakan hal seperti itu kepada Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dan beliau bersabda : ‘Hendaklah ia minum’” [Diriwayatkan oleh Ahmad 3/348 no. 14797 dan ia berkata : Telah meriwayatkan pada kami Musa, ia berkata : Telah meriwayatkan kepada kami Ibnu Lahi’ah].

Asy-Syaikh Al-Albani berkata : “Isnad ini tidak mengapa (dapat dipakai), jika untuk penguat. Al-Walid bin Muslim juga meriwayatkannya dari Ibnu Lahi’ah [Diriwayatkan oleh Abul-Husain Al-Kilabi dalam Nuskhah Abul-‘Abbas Thahir bin Muhammad]”.

Perawi-perawinya tsiqaat, para perawi Muslim, kecuali Ibnu Lahi’ah, karena jelek hafalannya. Al-Haitsami berkata dalam Al-Majma’ (3/153) : “Diriwayatkan oleh Ahmad dan isnadnya hasan”. Berkata Syu’aib Al-Arna’uth : “Hasan lighairihi, dan sanad hadits ini adalah dla’if karena jeleknya hapalan Ibnu Lahi’ah”.

4. Hadits yang dikeluarkan oleh Ishaq dari Abdullah bin Mu’aqal dari Bilal, ia berkata :

أتيت النبي صلى الله عليه وسلم أوذنه لصلاة الفجر , و هو يريد الصيام , فدعا بإناء فشرب , ثم ناولني فشربت , ثم خرجنا إلى الصلاة

“Aku pernah mendatangi Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam untuk adzan shalat shubuh, padahal beliau akan berpuasa. Kemudian beliau meminta segelas air untuk minum. Setelah itu beliau mengajakku untuk minum dan kami keluar untuk shalat” [Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir no. 3018 dan 3019, Ahmad 6/12 no. 23935, dan perawi-perawinya tsiqaat, para perawi Al-Bukhari dan Muslim. Namun sanad hadits ini adalah dla’if, karena tidak diketahui penyimakan ‘Abdullah bin Ma’qil Al-Muzanniy dari Bilaal. Ada riwayat lain yang semakna dari Ja’far bin Barqan dari Syaddaad maula ‘Iyadl bin ‘Amir dari Bilal, namun ia juga lemah karena jahalah Syaddaad - sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad 6/13 no. 23947].

5. Muthi’ bin Rasyid meriwayatkan : Telah menceritakan kepada kami Taubah Al-Anbariy bahwa ia mendengar Anas bin Malik berkata :

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ” أنظر من في المسجد فادعه , فدخلت – يعني – المسجد , فإذا أبو بكر و عمر فدعوتهما , فأتيته بشيء , فوضعته بين يديه , فأكل و أكلوا , ثم خرجوا , فصلى بهم رسول الله صلى الله عليه وسلم صلاة الغداة “

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Lihatlah, siapa yang berada di masjid. Panggillah ia !”. Kemudian aku (Anas) masuk masjid dan aku dapati Abu Bakr dan ‘Umar. Kemudian aku memanggil mereka, lalu aku bawakan suatu makanan dan aku letakkan di depan beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam. Kemudian beliau makan bersama mereka, setelah itu mereka keluar. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat bersama mereka, yaitu shalat shubuh” [Diriwayatkan oleh Al-Bazzar no. 993 dalam Kasyful-Astar dan ia berkata : “Kami tidak mengetahui Taubah menyandarkan kepada Anas kecuali hadits ini dan satu hadits lain dan tidak meriwayatkan dua hadits itu darinya – yaitu Anas - , kecuali Muthi’].

Al-Hafidh Ibnu Hajar dalam Az-Zawaid hal. 106 : “Isnad hadits ini hasan”. Asy-Syaikh Al-Albani berkata : “Al-Imam Al-Haitsami berkata seperti itu juga (seperti perkataan Al-Hafidh Ibnu Hajar) dalam Al-Majma’ (3/152)”.

6. Qais bin Rabi’ meriwayatkan dari Zuhair bin Abi Tsabit Al-A’maa dari Tamim bin ‘Iyaadl dari Ibnu ‘Umar ia berkata :

كان علقمة بن علاثة عند رسول الله صلى الله عليه وسلم , فجاء بلال يؤذنه بالصلاة , فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : رويدا يا بلال ! يتسحر علقمة, وهو يتسحر برأس

Alqamah bin Alatsah pernah bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam kemudian datanglah Bilal untuk mengumandangkan adzan. Kemudian Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Tunggu sebentar wahai Bilal ! Alqamah sedang makan sahur. – Dan ia (‘Alqamah) baru mulai makan sahur ” [Diriwayatkan oleh Ath-Thayalisi no. 2010 dan Ath-Thabarani dalam Al-Kabir sebagaimana dalam Al-Majma’ 3/153 dan ia berkata : “Qais bin Ar-Rabi’ dianggap tsiqah oleh Syu’bah dan Sufyan Ats-Tsauri padahal padanya – yaitu Qais – ada pembicaraan].

Asy-Syaikh Al-Albani berkata : “Haditsnya (Qais) hasan jika ada syawahidnya, karena ia (Qais) sendiri shaduq (jujur). Hanya yang dikhawatirkan adalah jeleknya hafalannya. Maka apabila ia meriwayatkan hadits yang sesuai dengan perawi-perawi tsiqat lainnya, haditsnya dapat dipakai”.

Dr. Muhammad bin ‘Abdil-Muhsin At-Turkiy (pen-tahqiq Musnad Abi Dawud Ath-Thayalisiy) berkata : “Sanadnya dla’if, karena ke-dla’if-an Qais bin Ar-Rabii’”.

7. Diriwayatkan dari Syuhaib bin Gharqadah Al-Bariqi dari Hiban bin Harits ia berkata :

تسحرنا مع علي بن أبي طالب رضي الله عنه , فلما فرغنا من السحور أمر المؤذن فأقام الصلاة

“Kami pernah makan sahur bersama ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ‘anhu. Maka ketika kami telah selesai makan sahur, ia (‘Ali) menyuruh muadzin untuk iqamat” [Diriwayatkan oleh Ath-Thahawiy dalam Syarh Ma’anil-Atsar 1/106 dan Al-Muhlis dalam Al-Fawaid Al-Munthaqah 8/11/1].

Perawi-perawinya tsiqat kecuali Hibban. Ibnu Abi Hatim 1/2/269 membawakan riwayat ini dan ia tidak menyebutkan jarh ataupun ta’dil-nya. Sedangkan Ibnu Hibban menulisnya dalam Ats-Tsiqaat.

[Lihat keseluruhan riwayat ini dalam Silsilah Ash-Shahiihah no. 1394]

Dengan melihat beberapa riwayat di atas jelaslah bagi kita bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dan para shahabat makan sahur sampai hampir mendekati adzan atau bahkan iqamat. Hampir dikatakan tidak ada jeda antara keduanya. Maka, makna kadar waktu 50 ayat itu merupakan kadar waktu untuk makan sahur sampai menjelang shalat shubuh. Bukan waktu berhentinya sahur sampai adzan.

Itulah sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam. Oleh karena itu, tidaklah berlebihan jika sebagian ulama menganggap perbuatan mengumandangkan waktu imsak sebelum waktu shubuh sebagai perbuatan bid’ah. Telah berkata Al-Hafidh Ibnu Hajar rahimahullah tentang keadaan imsak sahur di jamannya yang mirip-mirip dengan yang ada sekarang :

من البدع المنكرة ما أحدث في هذا الزمان من إيقاع الأذان الثاني قبل الفجر بنحو ثلث ساعة في رمضان واطفاء المصابيح التي جعلت علامة لتحريم الأكل والشرب على من يريد الصيام زعما ممن أحدثه أنه للاحتياط في العبادة ولا يعلم بذلك الا آحاد الناس وقد جرهم ذلك إلى أن صاروا لا يؤذنون الا بعد الغروب بدرجة لتمكين الوقت زعموا فاخروا الفطر وعجلوا السحور وخالفوا السنة فلذلك قل عنهم الخير وكثير فيهم الشر والله المستعان

“Termasuk bid’ah yang munkar adalah apa yang terjadi di jaman ini (jamannya Ibnu Hajar) yaitu adanya pengumandangan adzan kedua tiga perempat jam sebelum waktu fajar bulan Ramadlan. Serta memadam lampu-lampu sebagai pertanda telah datangnya waktu haram untuk makan dan minum bagi yang berpuasa keesokan harinya. Orang yang berbuat seperti ini beranggapan bahwa hal itu dimaksudkan untuk berhati-hati dalam beribadah, sebab yang mengetahui persis batas akhir sahur hanya segelintir manusia. Sikap hati-hati yang demikian, juga menyebabkan mereka tidak diijinkan untuk berbuka puasa kecuali setelah matahari terbenam beberapa saat agar lebih mantap lagi (menurut anggapan mereka). Akibatnya mereka suka mengakhirkan waktu berbuka puasa, suka mempercepa waktu sahur, dan suka menyalahi Sunnah. Oleh sebab itulah mereka sedikit mendapatkan kebaikan, tetapi banyak mendapatkan keburukan” [Fathul-Baariy, 4/199].

Hal di atas merupakan imsak versi jaman Ibnu Hajar dengan pengumandangan adzan tiga perempat jam sebelum fajar plus memadamkan lampu sebagai tanda berhentinya makan dan minum. Sungguh, Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam telah bersabda :

هلك المتنطعون قالها ثلاثا

“Telah binasa orang-orang terdahulu yang berlebih-lebihan” – beliau mengatakannya tiga kali [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2670].

Semoga kita bukan termasuk golongan yang binasa karena menyelisihi sunnah dan membuat bid’ah dalam agama.

Wallaahu a’lam.

NB : Apa yang ditulis di sini bukan berarti menyuruh untuk berlambat-lambat makan sahur mepet waktu Shubuh hingga kita tertinggal shalat Shubuh. Semua bisa diperkirakan. Barangsiapa yang rumahnya jauh dengan masjid, maka ia dapat menyelesaikan makan sahur dengan segera tanpa harus tertinggal shalat berjama’ah. Insya Allah ia mendapatkan keutamaan mengakhirkan makan sahur sebagaimana dalam sunnah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

[Dihimpun oleh Abu Al-Jauzaa’ dari beberapa sumber, after midnight in Ramadlan Mubarak 1430 H].

http://abul-jauzaa.blogspot.com/2009/08/imsak-imsak-saatnya-berhenti-makan.html

2009-08-24

Puasa berpengaruh ga si sama kehamilan

Karena lagi bulan ramadhan jadi kayanya cocok kalo ngomongin soal puasa dan hamil, alhamdulillah udah 2 hari kemaren sih lancar lancar aja walaupun berasa banget haus pas kemaren karena kepanasan hehehe,, tapi so far no problem.

Nah masalahnya adalah tadi pagi menjelang imsak gw muntah, sepertinya karena enek soalnya gw minum susu yang biasanya sebelum tidur ini malah setelah kumur kumur sikat gigi,,, Tapi yang keluar cuma susunya aja si, sama nasi ada lah kali ya sesuap mah :D

Jadi hari ini gw cari cari efek puasa terhadap janin dan ketemu link yang agak menenangkan hati gw. Alhamdulillah hari ini aa di perut mami masih bergerak seperti biasa lincahnya :) Mudah2an kamu sehat sehat ya anakku sayang...

Berikut linknya Puasa untuk Bumil

2009-08-20

All About Breastfeeding

Temen gw si ibu dokter "Resna", ngetag gw di facebook dy bikin notes soal breastfeeding, si ibu dokter satu ini abis ikut seminar soal ASI dan segala macemnya... dan dengan baiknya dishare sama teman - teman hamilnya ini hehe,,, karena itu di notes, jadi gw pikir ada baiknya gw taro di blog aja..

1.Kunci pertama dari menyusui adalah niat

2.Isapan bayi pada PD ibu yang merangsang produksi ASI bukan daun kantuk ato zat2 pelancar ASI lainnya. Obat-obatan pelancar ASI tersebut bisa diberikan saat bayi sudah berusia 3 minggu atau 1 bulan. Awal2 cukup membetulkan letak posisi perlekatan mulut bayi di PD ibu supaya isapannya kuat dan merangsang produksi ASI.

3.Anjuran pemberian ASI : -
– 0-6 bln : ASI eksklusif memenuhi 100% kebutuhan
– 6-12 bulan : ASI memenuhi 60-70% kebutuhan perlu makanan pendamping ASI yang adekuat
– > 12 bulan : ASI hanya memenuhi 30% kebutuhanm ASI tetap diberikan untuk keuntungan lainnya ( keuntungannya antara lain : antiinfeksi, bonding and protein)

4.Komposisi ASI sesuai kebutuhan :
- Kolostrum ( munculnya hari ke 4-7 hari kelahiran si bayi) : jumlahnya sedikit sajah kandungan proteinnya sangat tinggi. Kolostrum ini warnanya macem2.ada yang pinkish, kehijauan ato kecoklatan. Jadi kalo nanti asi pertama keluar warnanya aneh2 emang tiap ibu beda tapi langsung minumkan pada bayi kita
- ASI peralihan ( 1-4 minggu pertama) proteinnya lebih sedikit dari kolostrum
-ASI matur setelah 4 minggu kandungannya sesuai kebutuhan bayinya katanya. Misalnya kalo siang lebih cair itu banyak proteinnya menyesuaikan kebutuhan bayi yang butuh banyak cairan pada siang hari. Kalo malam lebih kental tandanya banyak lemaknya untuk kebutuhan menghadapi suhu yang lebih dingin di malam hari
- ASI prematur ini ASI yang dikeluarkan oleh ibu yang melahirkan anak prematur, kandungannya beda dari ASI yang dikeluarkan oleh ibu yang melahirkan anak matur. Mungkin jumlahnya lebih sedikit karena memang kebutuhan anak premature juga lebih sedikit
-Fore milk ASI yang duluan keluar. Biasanya lebih bening atau lebih cair kandungannya lebih banyak protein.
-Hind milk ASI yang keluar setelah beberapa lama disedot bayi (kira2 5-15 menit kali) isinya lebih kental lebih berwarna susu isinya lebih banyak lemak. Ini yang menjelaskan kenapa anak yang mimic asinya sebentar2 kurus karena dia hanya mendapatkan foremilk yang isinya lebih banyak protein. Kalo mimiknya lebih lama sampe dapat hindmilknya tentunya lemak yang dia dapatkan lebih banyak jadi lebih ndut deh.

5. Komposisi asi yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bayi ini yang merupakan salah satu keunggulan (jauh sangat unggul tentunya) dibandingkan susu sapi. ASI yang dihasilkan tiap ibu berbeda sesuai dengan kebutuhan bayinya, bahkan kandungan ASI setiap hari itu bisa berbeda sesuai dengan kebutuhan bayinya. Subhanallah banget yah…..

6. System pencernaan bayi baru lahir belum sempurna, sementara ASI mengandung enzim pencernaan seperti lipase, amylase, protease sehingga dapat dikatakan ASI merupakan makanan yang sudah separuh cerna sehingga mudah dicerna dan diserap ini yang menyebabkan bayi ASI mudah lapar. Pola BAB pada bayi ASI normalnya empat kali sehari- 4 hari sekali.

7. ASI mengandung zat penangkal penyakit antara lain makrofag, limfosit, laktoferin, lactobacillus bifidusm IgA sekretorik dan immunoglobulin, factor antivirus dan antibakteri, komponen imunitas selular, sitokin, anzim dan nukleotida. Karena kandungan zat penangkal penyakit tersebut ibu yang sakit (kecuali HIV, mendapat obat kanker atau penyakit payudara lokal yang tidak memungkinkan) masih tetap dapat menyusui bayinya agar bayi ibu sakit mendapat antibody dari tubuh ibunya.
Mitos yang menyatakan ibu dapat meminum obat untuk bayi yang tidak mau minum obat itu salah karena obat yang disekresikan melalui ASI sangat sedikit. Dosis obatnya 50 kali lipat baru dapat keluar melalui ASI sesuai dosis.

8. Manfaat ASI bagi bayi :
- Selalu berada dalam suhu yang tepat
- Mencegah kerusakan gigi
- Mengurangi risiko alergi
- Mengurangi kejadian sudden infant death syndrome
- Mengoptimalkan perkembangan
- Meningkatkan hubungan ibu dan bayi
- Menjadi anak yang percaya diri

9. Keuntungan menyusui untuk ibu :
- IMD menurunkan risiko perdarahan setelah melahirkan dan mempercepat involusi uterus
- Sebagai alat KB sementara
- Menurunkan angka kejadian kanker ovarium dan payudara
- Mempercepat penurunan berat badan
-Menurunkan angka kejadian osteoporosis pada masa menopause

10. Seorang bayi baru lahir pada hari pertama hanya memerlukan 1-3 cc asi … hari berikutnyapun masih sedikit. Bayi bisa bertahan setelah lahir 48-72 jam tanpa diberi apapun karena dia masih memiliki cadangan makan (brownfat,etc) dlm tubuhnya. Alasan ini yang menjelaskan pada seminggu pertama berat bayi dapat turun sekitar 10% dari berat lahir dan ini fisiologis bukan patologis (tidak normal). Jadi pada rumah sakit yang memberikan early feeding dengan jumlah susu formula bisa sampe 30 cc bahkan lebih itu merupakan suatu kesalahan besar. Kebutuhan lambung bayi yg hanya memerlukan 3 cc dan diberikan 30 cc bagaimana melarnya ini mungkin yang bisa membuat perdarahan mikro di saluran cerna bayi baru lahir yang diberikan susu formula.

11.Untuk ibu bekerja atau harus meninggalkan bayinya sehingga menjadi masalah adalah cara pemberian asi yang diperah. Pemilihan media yang dianjurkan adalah botol susu bayi yang terbuat dari kaca atau plastic yang bahannya PP atau LDPE, cangkir bayi stainless atau plastic dengan bahan PP atau LDPE, dot silicon (bukan latex).

12.Media terbaik untuk memberikan asi perah adalah dari cangkir bukan botol dengan dot. Karena dengan penggunaan dot dapat menyebabkan bingung putting, maloklusi gigi( giginya jadi gak rapi), aspirasi ( asi dapat masuk ke paru2 hingga akhirnya jadi pneumonia) dan bisa membuat karies dentis dan tonsillitis karena susu tergenang di rongga mulut.

13.Bingung putting itu ada tingkat keparahannya juga. Bukan hanya bayi langsung tidak mau menyusu langsung, produksi asi yang turun setelah bayi sempat diberi minum lewat dot juga menandakan si bayi bingung putting sehingga isapan saat menyusu langsung tidak kuat dan membaut produksi asi berkurang.

14. Memeras asi manual :
– Cuci tangan, keringkan dengan lap bersih
– Letakkan mangkok atau gelas bermulut lebar dekat PD
– Ibu jari di atas areola, jari lain di bawah areola
– Dorong tangan ke arah dada/rusuk kemudian tekan areola hingga asi memancar keluar
– Tekan-lepas sampai terasa kosong, kurang lebih 3-5 menit
– Ubah posisi tangan mengikuti arah jam
–Bergantian dengan PD lain 20-30 menit

15. Cara menyimpan ASI
-ASIPerah (ASIP) dalam suhu ruangan 6-8 jam (dalam ruangan berAC lebih lama)
-ASIP dalam rak kulkas 1-2 hari
-ASIP dalam freezer 3-4bln
-ASIP dalam deep freezer 6 bln

16.Cara menggunakan ASIP :
-Ambil ASIP dari tempat penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan bayi untuk sekali minum
-Hangatkan dengan merendamnya dalam air hangat atau panas
-ASIP tidak boleh direbus dimasukkan ke warmer atau microwave
-Dila dari freezer letakkan dulu di rak kulkas tunggu hingga cair

17. Memberikan ASIP dengan gelas :
-Cup feeding lebih dianjurkan tapi menggunakan cangkir biasa dengan permukaan yang tidak tajam juga gpp
-Cara ini tidak akan menghilangkan reflex hisap
-Tuangkan ASIP ke dalam gelas, gendong bayi setengah duduk, letakkan gelas di pinggir bibir bawah miringkan gelas sedikit bayi akan menjilati isi gelas atau menghisap pinggir gelas

Kesimpulan yang gw dapet dari seminar itu adalah

1.Say yes to ASI, Say no to susu formula

2.berkurangnya produksi asi bukan karena kita kurang makan atau kita tidak bisa memproduksi asi ( ada c yg ga bisa produksi asi tapi jumlahnya sedikiiit sekali). yang merangsang produksi asi itu isapan bayi di PD jadi kalo ternyata produksinya berkurang mungkin perlekatan bayi kita yang salah saat menyusui jadi isapannya tidak bisa merangsang produksi asi

3. Karena kita tidak tahu pasti apa isi susu formula. Ingetkan kejadian adanya kandungan melamin pada susu bayi di china dan kandungan enterobacter saccazaki di susu formula di Indonesia bahkan di amerika berulang kali terjadi penarikan susu formula ada yang mengandung melaminlah, mengandung pecahan kacalah, etc? Jadi mana kita tahu produsen susu itu masukkin ke dalam susu yang bakal di minum anak kita.

4.Asixlusif itu hanya memberikan asi saja selama 6 bulan pada bayi kita tapi bukan berarti setelah itu stop asi tetap harus diberikan selama mungkin selama produksinya masih ada biasanya c dua tahun. Tapi ada juga yang lebih bahkan katanya presiden sby aja minum asinya ampe 4 tahun makanya dia jadi presiden kali yah?:))

5.Jadi pilihan pertama minuman untuk bayi kita yah ASI dunk kalo gak bisa ( hanya 1 diantara 1000 ibu mungkin) cari ASI donor kalo gak bisa juga baru susu formula sebagai pilihan paling akhir itu juga kalo udah kepaksa bangeeeet.

6.Berikan asi hasil perah dengan sendok atau langsung dengan cangkirnya tidak dengan dot dan botol. Gw lihat videonya emang bisa tuh bayi langsung minum dari cangkirnya.

7.Buat para calon ibu yang mau melahirkan persiapkan bayinya untuk minum asi tidak dengan sufor. Cari rumah sakit yang pro ASI. Di bogor tuh RS Hermina. Pastikan kita bisa melakukan IMD bahkan saat kita harus operasi Caesar pun IMD tetap bisa dilakukan truz juga pastikan rooming in. kalopun nanti terpaksa melahirkan di rs yang gak pro ASI kalo mereka langsung ngasi susu formula ajarin aja tuh bidan atau susternya info yang kalian tahu tentang ASI karena mereka dijadiin agennya sufor ma produsen sufor makanya langsung2 ajah ngasi sufor.bahkan gw masih memendam rasa penyesalan and agak kecewa dengan bidan dan suster di rs tempat gw melahirkan qila dulu dan kurangnya gw mencari informasi ttg asi dan penggunaan susu formula..aduuuh ternyata mereka ga nguasain masalah laktasi yah kok bisa dapet izin praktek yah.

8.Kalo setelah usia di atas satu tahun mau ngasi susu tambahan, kasi susu uht ajah. Lebih baik karena pengawetannya kan dengan pasteurisasi tidak ditambahkan zat pengawet seperti susu formula bubuk.

9.Angka bayi yang mendapatkan asixlusif di Indonesia baru 32,4 % … dan gw mengira c ini dilakukan oleh para ibu di pedesaan karena mereka turun menurun mendapatkan ilmu untuk menyusui dari orang tuanya. Sementara wanita2 modern mungkin termakan bujuk rayu iklan dan kurang mendapat ilmu bagaimana cara menyusui sehingga akhirnya memilih susu formula. Karena menyusui itu learning behavior bukan bukan alami langsung ada caranya bagaimana mulut bayi harus terbuka, dagunya menempel kemana posisi ibunya gimana.

10.Buat bumil coba cari info sebanyak mungkin tentang asi biar lebih siap saat bayinya dah ada nanti. Kalo perlu ke klinik laktasi. Di Jakarta yang gw tahu ada di carolous.

11. buat para ibu yang terlanjur ngasi susu formula kan ada metode relaktasi..cari info sebanyak2nya aja ttg relaktasi sapa tahu bisa dicoba dan bisa memberikan asi lagi pada bayinya.

2009-08-19

Baby Boy Juga Bisa Gaya Lho,,, :)


Sejak usg terakhir kali dan dikasih tau kalo anak gw insyaAllah bakalan cute baby boy (Amin...) jadi suka browsing baby jumper (baju kodok) buat cowo,, dan hari ini nemu yang lucu.. lumayan buat nanti pulang dari rumah sakit, jadi langsung gaya gituuuuuuu hehehehe,,,

Harganya agak mahal sih buat ukuran baju bayi doank.. tapi kan ini pembuka pertama baju bayi jadi gapapa deh hehe,, mudah2an si mama n si papa banyak rejeki ya sayang,,, Amin,,

2009-08-18

Ngerawat payudara pada saat hamil

Beberapa hari yang lalu baru nyadarin kalo puting susu gw agak kering gitu, terus kata nyokap emang gitu kalo mau kasih baby oil aja, akhirnya nanya nanya sama temen gw yang baru aja ngelahirin katanya mendingan pake minyak lentik, akhirnya karena penasaran gw cari cari informasi mengenai payudara dan apa yang kita mesti lakuin pada saat hamil..

sumber : http://enformasi.com/2009/03/perawatan-payudara-saat-hamil.html

Yang pertama itu adalah PIJAT

- Sebelumnya siapkan air hangat dan air dingin di wadah yang terpisah, minyak kelapa atau baby oil, handuk, dan kapas.
- Bersihkan payudara dengan air hangat, lalu pijat menggunakan minyak.
- Cara pemijatannya dengan menggunakan kedua tangan. Sekeliling payudara diurut memutar searah jarum jam kemudian berbalik arah/berlawanan jarum jam. Setelah itu lakukan pengurutan dari pangkal menuju puting. Namun, puting tak perlu dipijat.
- Setelah itu ketuk-ketuklah payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari supaya sirkulasi darah bekerja baik.
- Selanjutnya bersihkan puting dengan menggunakan kapas dan minyak. Minyak akan melenturkan dan melembapkan puting.
- Terakhir, bersihkan payudara dan puting memakai air hangat dan dingin. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah.
- Keringkan payudara dengan handuk lembut. Kalau perlu oleskan pelembap atau krim anti stertch marks yang aman untuk mencegah rasa gatal akibat jaringan kulit merekah seiring membesarnya payudara.

Informasi dari blog yang lain gw baca bahwa ini bisa mulai dilakukan pada saat kandungan 6 bulan which is umur kehamilan gw sekarang jadi gw mau mulai mencoba ah besok :)

Yang kedua disuruh SENAM PAYUDARA

Gw baru denger nih katanya Senam payudara berguna untuk memperkuat otot pektoralis yang berada di dada. Senam ini membantu mempertahankan kepadatan payudara dan merangsang produksi ASI menjadi lebih baik. Ada dua macam senam yang bisa ibu lakukan dan mudah dipraktikkan.

Berikut urutannya. Lakukan senam sebelum atau sesudah mandi.
Posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan
kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersidekap). Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga otot-otot dasar payudara terasa tertarik. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali.

Banyak juga ya 30 kali hehe,, ayo kita coba mudah2an bisa dapet memperlancar produksi ASI kita nantinya :)
2. Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut (massage) payudara ke arah atas. Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini 20 kali putaran.

Setiap Ibu Hamil itu UNIK

kalo ngobrol sesama ibu hamil atau perempuan yang pernah hamil dan melahirkan selalu dapet pengalaman dan cerita baru yang unik, misalnya cerita nyokap gw yang dulu pas hamil abis sikat gigi selalu muntah atau cerita nenek gw yang setiap hamil ngidam rujak super pedes,, ada jg cerita tentang yang ga boleh ini dan ga boleh itu atau cuek aja minum ini dan makan itu hehehe,,

Belum lagi yang punya masalah sama kehamilan, misal nih janin ga berkembang atau kurang darah (anemia) atau gusi berdarah atau sakit pinggang, sakit punggung sama segala macem pernak pernik hamil. Apalagi untuk orang yang baru hamil pertama kaya gw pastilah ada rasa parno tingkat tinggi.

Tapi percaya deh setiap orang itu unik jadi jangan bandingin sama orang lain tentang kehamilan kita, karena bisa jadi ga sama. Beberapa orang cuek aja makan duren atau minum coca cola tapi ada juga lo yang keguguran abis makan duren atau minum soda.

Belum lagi banyak masukan yang sifatnya mistis dan ga jelas kenapa alasannya hehe, misal nih kalo ibu hamil katanya ga boleh ngelayat ke orang yang meninggal atau ga boleh makuin apa apa di rumah atau renovasi rumah pada saat hamil. Ga jelas alasannya kenapa cuma dibilang pamali aja.

Jadi pasti setiap ibu hamil dapet masukan banyak dari blog orang lain misalnya atau dari hasil statistik atau dari hasil baca baca dan googling tapi apapun itu ambillah yang baiknya dan jangan terlalu paranoid, banyak banyak berdoa dan percaya aja sama ahlinya (dokter) untuk memutuskan,, Tapi yang paling penting percaya sama Allah dan kebesaranNya karena apapun yang kita rencanakan tetep Allah yang menentukan kan?

Puasa disaat hamil

Abis baca blog http://www.rajawana.com/artikel/akhak-a-agama/351-wanita-hamil-dan-menyusui-qadha-puasa-atau-bayar-fidyah.html mengenai hukun wanita yang sedang hamil untuk membayar puasa atau membayar fidyah, jadi itu ada dari beberapa referensi dan dari beberapa pendapat bisa dibaca dan diambil kesimpulan. Sebenernya akhirnya mau kaya gimana ya tergantung kita yaa,, sama kaya kita milih mahdzab tertentu,, mana yang menurut kita paling baik sambil tetep banyakin referensi :)

Kalo gw sendiri insyaAllah pengen tetep berpuasa mau ngajarin sama kaka dalam perut untuk belajar nahan lapar dan nafsu,, jadi nanti kalo dah lahir mudah mudahan kaka jadi anak yang soleh ya sayang,,,

Mudah mudahan juga si mamanya ga muntah selama bulan puasa jadi bisa full :D
Kalo kata nyokap gw si beliau bisa hamil full satu bulan penuh waktu hamil gw,, jadi mudah2an gw juga amin,,,,

2009-08-14

Baby Box

Pas lagi browsing nemu box baby yang gw suka warnanya pas,,, for my baby boy :)
n rencananya buat baby box akan dibeliin sama ibu mertuaku yang baiiiiiiiiiiik sekali hehehe,,,
boleh ga ya request minta yang kaya gini.. (ngelunjak mode ON)..

Bingung cari nama buat anakkuh,,,

Dari awal kan kita pengen punya anak dengan 3 suku kata, jadi sibuk lah si suami dan si istri mencari perpaduan kata yang sesuai jadi kitah janjian sang suami siapin buat nama anak cewe sementara sang istri siapin nama buat baby boy,,

dan berhubung usg terakhir menunjukkan bahwa insyaAllah it will be a baby BOY. Jadi nama gw lah yang dipilih untuk nama depan tapi buat nama tengah sang suami suruh cari sambil sang istri kasih saran dan ternyata yaa cari nama susah jg yaa,, udah googling dari kapan blm nemu aja yang sreg hiks,,,

udah segala site kali gw kunjungin tapi belum nemu jg,,, mudah2an sebelum lahir dah dapet yang fix deh :D

2009-08-13

How to use Nursing Cover


Sebelumnya pernah ada postingan soalnya Nursing Cover, yang gw pesen di http://www.syalunna.multiply.com/ nah sekarang gw mau liatin cara pakainya dan kenapa gw tertarik buat pesen item ini biar bisa tetep jalan jalan tapi bawa anak sambil disusuin jg getoooo,,, hehehe

USG 4D part II

setelah cari mencari dan tanya tanya kata ipar gw, mending coba klinik OSCAR yang ada di Ambassador, karena kan deket kantor jadi gampang aksesnya dulu dia di YPK Menteng karena lebih murah dan dulu untuk usg 4d dy ga diganti kantor, kalo gw tanya tanya sama temen temen kantor gw kalo di kantor gw sih cover usg 4d alhamdulillah hehehe,,,

ini beberapa info yang gw dapet dari hasil googling soal ussg 4D di mal ambassador :

Mal Ambasador lantai 2 no. 36F untuk USG 3D/4D dgn Dr.Dario Turk, SpOG. 
Namanya Klinik O.S.C.A.R. dan dibawah naungan Kuningan
Medical Specialist Center yang berada di lantai 5 (kebetulan DSOG saya
praktek disana). Tempat periksa USG-nya di lantai 2 dan pendaftaran di
lantai 5.

Klinik O.S.C.A.R. (One Stop Clinic for Assesment of Risk) buka Senin-Sabtu
jam 8 pagi sampai 5.30 sore.
Bisa daftar dulu ke 5763406(pada jam kerja) atau 70708896 (24 jam).
Waktu pemeriksaan berkisar sekitar
20-30 menit, tetapi tergantung lamanya konsultasi, kadang2 bisa 1 jam.
Selesai pemeriksaan, pasien diberikan print out hasilnya dan foto2 janin
dalam bentuk CD-Rom.

Terus kalo baca baca di weddingku katanya disini lcd plasma nya gedeeeeeeee bangettt
jadi ampe puass deh nontonin si baby gerak gerak dalam perut :)

Mau coba telepon dulu ah,,


2009-08-12

Sebelum 7 bulan ga boleh belanja??

Ada mitos orang tua jaman dulu yang bilang ga boleh belanja sebelum kehamilan usia 7 bulan. Ternyata nyokap gw masih menganut paham ini jadi gw dilarang keras belanja hiks hiks... sekarang kan gw kira kira udah 6 bulan jadi emang tinggal 1 bulan lagi tapi udah mulai liat liat belanjaan online abis kan daripada nanti mau belanja ga tau apa apa mendingan mulai dari sekarang dah mulai cicil cicil dunk,, at least tau apa aja yang mesti dibeli :D

kalo dari hasil ngobrol sana sini kira kira newborn baby perlu stuff berikut ini :

1. Fashion
- Baju lengan panjang
- Baju lengan pendek
- Gurita
- Popok
- Kain Bedong
- Kaos dalem
- Celana panjang
- Celana pop
- Jumper
- Kaos kaki
- Kaos tangan

2. Breastfeeding needs
Buat para ibu asi ini nih yang diperlukan :
- Nursing apron
- medela electric breast pump
- botol susu
- botol penampung asi
- kantong asi
- Cooler box
- Breast pad
- Sterilizer
- Bottle warmer

3. Toiletries
- Minyak telon
- Baby oil
- Sabun and shampoo
- Cream ruam popok yang mengandung zinc

4. Other
- Diapers bag
- Gunting kuku bayi
- Perlak
- Sedotan ingus

Nursing Cover dan Nappy Stacker


Abis iseng iseng liat belanjaan online karena belum boleh beli kebutuhan bayi sampai umur kandungan 7 bulan yawda gw cari aja yang buat gw hihihi,,,

Nursing cover ini buat nutupin mamanya kalo lagi nyusuin anaknya,, yaa mari kita berdoa mudah2an lancar ASI dan bisa menyusui sampai kaka umur 2 tahun :)

Kalo yang ini Insya Allah akan kepake terus dunk soalnya kan tempat buat naro popoknya bisa digantung deket ama baby tuffle nya...

USG 4D

USG 4d bisa digunakan untuk cek Down Syndrome, itu bisa dilakukan dengan usg 2d di usia kehamilan 11-14w. Kalau untuk melihat jaringan" syaraf, jantung, saluran darah dll, itu bisa dilakukan dengan 4d karena alat 2d gak akan bisa menampilkan jelas organ dalam tubuh si baby. Untuk cek ada or tidaknya penyakit jantung bawaan or cacat lainnya bisa 4d di usia kehamilan 20w karena biasanya organ tubuh baby udah lebih jelas.
Kalau untuk liat face si baby bisa dilakukan di usia 30w, tapi yg ini sih gak harus. semua intinya balik lagi ke ortu baby nya mengingat harga 4d masih lumayan mahal.

Pertanyaan gw adalah :
1. is there any impact?
2. how much does it cost?
3. where? di hermina bogor ada tak yaa?

my baby i love you...

tadi pagi sang kaka tak berhenti bergoyang, entah sedang apa dia didalam mungkin lagi mengatur posisi seperti biasanya. Sekarang jg dari tadi ga berenti goyang makin hari makin kenceng makin berasa makin sering pula,,,

pengen usg 4d tapi masih belum tau enaknya usg dimana ya hehehe... tanya tanya orang ah atau mau googling dulu,,,

udah mau 25 minggu neh,, berarti tinggal 15 mingguan lagi ga kerasa ih udah tinggal 15 mgg lagi aja,, mulai bulan depan udah ke dokter 2 mgg sekali..

mudah-mudahan kaka sehat terus normal terus sampai besar nanti ya sayang...

2009-08-11

aduhhh sakit gigi... padahal lagi hamil...

hari mgg kemaren pulang dari bandung di perjalanan gw ngerasa ngilu di gigi, nah biasanya kalo ngilu gini ditambah beberapa kali sempet gusi berdarah artinya udah waktunya bersihin karang gigi,, akhirnya gw iseng browsing soal hamil dan gigi di google,,

ini dy hasilnya dari link yang gw baca:

http://www.conectique.com/tips_solution/pregnancy/during_pregnancy/article.php?article_id=5336

senin malam kemaren akhirnya gw ke dokter gigi, ternyata gigi gw rusak banget, banyak yang bolong dan banyak plak jadi akhirnya dibersihin karang giginya dulu n ditambalin satu demi satu yang bolong tapi baru sebagian nanti mgg depan dilanjutin lagi buat tambal permanen dan tambal gigi laen yang belum sempat ditambal karena kata dokternya takut gw kecapekan soalnya kan lagi hamil jadi ga boleh terlalu banyak jg,,, lagian gw capek jg ya mangap mulu hehehe...

kalo kemaren gw baca baca dari om google, salah satu yang bikin bahaya gigi bolong itu adalah karena banyak makanan yang numpuk di sela sela gigi nah kuman yang terbentuk karena tumpukan makanan itu bisa masuk ke darah dan nantinya kena ke dedek bayi dalam perut mamanya makanya bahaya.

Mungkin ini juga salah satu sebabnya kalo di hermina bogor itu ada program cek gigi gratis setelah trimester kedua biar ibu hamil aware akan perlunya menjaga kesehatan gigi :)

kalo dari beberapa posting dan hasil ngobrol sama orang orang yang udah pernah hamil jg memang sangat tidak disarankan untuk cabut gigi pada saat hamil, walaupun kalo udah mendesak bisa dilakukan tp dengan catatan tertentu.

Gw juga disuruh cabut gigi tapi setelah melahirkan buat ngerapihin gigi gw aja yang berantakan minta ampun :(

2009-08-10

2009-08-05

baby gendut tak yaa?

Kalo menurut Klik Widget di usia kehamilan 23 mgg
"Panjang janin dari kepala sampai tumit saat ini sekitar 28 cm dengan berat sekitar 455 gram.
Penambahan berat badan Ibu berkisar 5,5 – 6,8 kg."

Nah kemaren tanggal 1 Agustus itu gw ke dokter panjang anak gw udah 28 cm tapi beratnya udah 540gram,, pas gw tanya ke dokter kegendutan ga dok? dokternya bilang ga ko,, biasa aja normal.. tapi gw jadi deg2an hihihihi,, jadi gw bertekad mengurangi karbohidrat dan gula bulan ini cayoooooooo,,,, ga boleh makan es krim sama minum es sirop banyak banyak :D

btw kalo penambahan berat badan ibu gw masih masuk lah,, gw naek kurang lebih 6,5 kg... jadi gw normal cuma daripada kaka bayi dalam perut mami kegendutan mari kita mengurangi makan ,, pantesan kata temen temen gw "Perasaan lo ngunyah mulu daaaaah" hahahaha....

tobat tobat,,,

2009-08-04

Badanku hari ini tak enak

kemaren hari ulang tahun hubby jadi sepulang kantor kita pergi makan bareng kaka gw n ipar gw as usual si,, kita makan di pondok geulis... Makanan yang dipesen sih biasa tapi ya boooo porsinya itu looo dahsyatttt,,,, sampe selesai kita makan kita pada ga bisa gerak karena kekenyangan..

hari ini badan gw dari bangun rasanya aneh mual ga enak gitu kayanya si bukan gara gara makanan semalem emang gw hari ini aja lagi ga enak gitu rasanya,, ga jelas kenapa,, pas abis makan terus mandi, pup juga biasa eh tapi pas lagi sikat gigi ga berapa lama pengen banget muntah akhirnya keluar semua deh sarapan gw padahal jumat kemaren gw baru muntah setelah 5 bulan hamil kan gw udah jarang muntah paling seminggu sekali tapi ini baru berapa hari ko udah muntah yaa? aduuuh,,, terus yang menambah rasa tak enak itu adalah setelah muntah rasanya masih ga enak,, biasanya kan abis muntah ada perasaan agak lega lah,, ini tuh ga rasanya tetep ga enak,,

tadi pas perjalanan gw makan cheese cake biar ada tenaga lah,, soalnya ngeliatin makanan yang lain kayanya ga napsuin entah kenapa,, makan cheese cake sepotong kecil itu juga ga abis :(
biar ga terlalu enek di jalan dari cawang ke kantor gw tidur,, tapi udah bangun pun rasanya masih ga enak berlangsung sampe sekarang...

jadi karena mood buat kerjanya blm nemu gw ngeblog aja deh,,, :p