2009-08-18

Ngerawat payudara pada saat hamil

Beberapa hari yang lalu baru nyadarin kalo puting susu gw agak kering gitu, terus kata nyokap emang gitu kalo mau kasih baby oil aja, akhirnya nanya nanya sama temen gw yang baru aja ngelahirin katanya mendingan pake minyak lentik, akhirnya karena penasaran gw cari cari informasi mengenai payudara dan apa yang kita mesti lakuin pada saat hamil..

sumber : http://enformasi.com/2009/03/perawatan-payudara-saat-hamil.html

Yang pertama itu adalah PIJAT

- Sebelumnya siapkan air hangat dan air dingin di wadah yang terpisah, minyak kelapa atau baby oil, handuk, dan kapas.
- Bersihkan payudara dengan air hangat, lalu pijat menggunakan minyak.
- Cara pemijatannya dengan menggunakan kedua tangan. Sekeliling payudara diurut memutar searah jarum jam kemudian berbalik arah/berlawanan jarum jam. Setelah itu lakukan pengurutan dari pangkal menuju puting. Namun, puting tak perlu dipijat.
- Setelah itu ketuk-ketuklah payudara memakai ujung jari atau ujung ruas jari supaya sirkulasi darah bekerja baik.
- Selanjutnya bersihkan puting dengan menggunakan kapas dan minyak. Minyak akan melenturkan dan melembapkan puting.
- Terakhir, bersihkan payudara dan puting memakai air hangat dan dingin. Tujuannya untuk memperlancar sirkulasi darah.
- Keringkan payudara dengan handuk lembut. Kalau perlu oleskan pelembap atau krim anti stertch marks yang aman untuk mencegah rasa gatal akibat jaringan kulit merekah seiring membesarnya payudara.

Informasi dari blog yang lain gw baca bahwa ini bisa mulai dilakukan pada saat kandungan 6 bulan which is umur kehamilan gw sekarang jadi gw mau mulai mencoba ah besok :)

Yang kedua disuruh SENAM PAYUDARA

Gw baru denger nih katanya Senam payudara berguna untuk memperkuat otot pektoralis yang berada di dada. Senam ini membantu mempertahankan kepadatan payudara dan merangsang produksi ASI menjadi lebih baik. Ada dua macam senam yang bisa ibu lakukan dan mudah dipraktikkan.

Berikut urutannya. Lakukan senam sebelum atau sesudah mandi.
Posisi berdiri, tangan kanan memegang bagian lengan bawah kiri dekat siku, sebaliknya tangan
kiri memegang lengan bawah kanan (seperti orang bersidekap). Kemudian tekan kuat-kuat ke arah dada dengan cara mempererat pegangan, sehingga otot-otot dasar payudara terasa tertarik. Selanjutnya lemaskan kembali. Lakukan berulang-ulang hingga 30 kali.

Banyak juga ya 30 kali hehe,, ayo kita coba mudah2an bisa dapet memperlancar produksi ASI kita nantinya :)
2. Pegang bahu dengan kedua ujung tangan, kemudian siku diputar ke depan sehingga lengan bagian dalam mengurut (massage) payudara ke arah atas. Diteruskan gerakan tangan ke atas ke belakang dan kembali pada posisi semula. Lakukan latihan ini 20 kali putaran.

No comments:

Post a Comment