2009-08-20

All About Breastfeeding

Temen gw si ibu dokter "Resna", ngetag gw di facebook dy bikin notes soal breastfeeding, si ibu dokter satu ini abis ikut seminar soal ASI dan segala macemnya... dan dengan baiknya dishare sama teman - teman hamilnya ini hehe,,, karena itu di notes, jadi gw pikir ada baiknya gw taro di blog aja..

1.Kunci pertama dari menyusui adalah niat

2.Isapan bayi pada PD ibu yang merangsang produksi ASI bukan daun kantuk ato zat2 pelancar ASI lainnya. Obat-obatan pelancar ASI tersebut bisa diberikan saat bayi sudah berusia 3 minggu atau 1 bulan. Awal2 cukup membetulkan letak posisi perlekatan mulut bayi di PD ibu supaya isapannya kuat dan merangsang produksi ASI.

3.Anjuran pemberian ASI : -
– 0-6 bln : ASI eksklusif memenuhi 100% kebutuhan
– 6-12 bulan : ASI memenuhi 60-70% kebutuhan perlu makanan pendamping ASI yang adekuat
– > 12 bulan : ASI hanya memenuhi 30% kebutuhanm ASI tetap diberikan untuk keuntungan lainnya ( keuntungannya antara lain : antiinfeksi, bonding and protein)

4.Komposisi ASI sesuai kebutuhan :
- Kolostrum ( munculnya hari ke 4-7 hari kelahiran si bayi) : jumlahnya sedikit sajah kandungan proteinnya sangat tinggi. Kolostrum ini warnanya macem2.ada yang pinkish, kehijauan ato kecoklatan. Jadi kalo nanti asi pertama keluar warnanya aneh2 emang tiap ibu beda tapi langsung minumkan pada bayi kita
- ASI peralihan ( 1-4 minggu pertama) proteinnya lebih sedikit dari kolostrum
-ASI matur setelah 4 minggu kandungannya sesuai kebutuhan bayinya katanya. Misalnya kalo siang lebih cair itu banyak proteinnya menyesuaikan kebutuhan bayi yang butuh banyak cairan pada siang hari. Kalo malam lebih kental tandanya banyak lemaknya untuk kebutuhan menghadapi suhu yang lebih dingin di malam hari
- ASI prematur ini ASI yang dikeluarkan oleh ibu yang melahirkan anak prematur, kandungannya beda dari ASI yang dikeluarkan oleh ibu yang melahirkan anak matur. Mungkin jumlahnya lebih sedikit karena memang kebutuhan anak premature juga lebih sedikit
-Fore milk ASI yang duluan keluar. Biasanya lebih bening atau lebih cair kandungannya lebih banyak protein.
-Hind milk ASI yang keluar setelah beberapa lama disedot bayi (kira2 5-15 menit kali) isinya lebih kental lebih berwarna susu isinya lebih banyak lemak. Ini yang menjelaskan kenapa anak yang mimic asinya sebentar2 kurus karena dia hanya mendapatkan foremilk yang isinya lebih banyak protein. Kalo mimiknya lebih lama sampe dapat hindmilknya tentunya lemak yang dia dapatkan lebih banyak jadi lebih ndut deh.

5. Komposisi asi yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bayi ini yang merupakan salah satu keunggulan (jauh sangat unggul tentunya) dibandingkan susu sapi. ASI yang dihasilkan tiap ibu berbeda sesuai dengan kebutuhan bayinya, bahkan kandungan ASI setiap hari itu bisa berbeda sesuai dengan kebutuhan bayinya. Subhanallah banget yah…..

6. System pencernaan bayi baru lahir belum sempurna, sementara ASI mengandung enzim pencernaan seperti lipase, amylase, protease sehingga dapat dikatakan ASI merupakan makanan yang sudah separuh cerna sehingga mudah dicerna dan diserap ini yang menyebabkan bayi ASI mudah lapar. Pola BAB pada bayi ASI normalnya empat kali sehari- 4 hari sekali.

7. ASI mengandung zat penangkal penyakit antara lain makrofag, limfosit, laktoferin, lactobacillus bifidusm IgA sekretorik dan immunoglobulin, factor antivirus dan antibakteri, komponen imunitas selular, sitokin, anzim dan nukleotida. Karena kandungan zat penangkal penyakit tersebut ibu yang sakit (kecuali HIV, mendapat obat kanker atau penyakit payudara lokal yang tidak memungkinkan) masih tetap dapat menyusui bayinya agar bayi ibu sakit mendapat antibody dari tubuh ibunya.
Mitos yang menyatakan ibu dapat meminum obat untuk bayi yang tidak mau minum obat itu salah karena obat yang disekresikan melalui ASI sangat sedikit. Dosis obatnya 50 kali lipat baru dapat keluar melalui ASI sesuai dosis.

8. Manfaat ASI bagi bayi :
- Selalu berada dalam suhu yang tepat
- Mencegah kerusakan gigi
- Mengurangi risiko alergi
- Mengurangi kejadian sudden infant death syndrome
- Mengoptimalkan perkembangan
- Meningkatkan hubungan ibu dan bayi
- Menjadi anak yang percaya diri

9. Keuntungan menyusui untuk ibu :
- IMD menurunkan risiko perdarahan setelah melahirkan dan mempercepat involusi uterus
- Sebagai alat KB sementara
- Menurunkan angka kejadian kanker ovarium dan payudara
- Mempercepat penurunan berat badan
-Menurunkan angka kejadian osteoporosis pada masa menopause

10. Seorang bayi baru lahir pada hari pertama hanya memerlukan 1-3 cc asi … hari berikutnyapun masih sedikit. Bayi bisa bertahan setelah lahir 48-72 jam tanpa diberi apapun karena dia masih memiliki cadangan makan (brownfat,etc) dlm tubuhnya. Alasan ini yang menjelaskan pada seminggu pertama berat bayi dapat turun sekitar 10% dari berat lahir dan ini fisiologis bukan patologis (tidak normal). Jadi pada rumah sakit yang memberikan early feeding dengan jumlah susu formula bisa sampe 30 cc bahkan lebih itu merupakan suatu kesalahan besar. Kebutuhan lambung bayi yg hanya memerlukan 3 cc dan diberikan 30 cc bagaimana melarnya ini mungkin yang bisa membuat perdarahan mikro di saluran cerna bayi baru lahir yang diberikan susu formula.

11.Untuk ibu bekerja atau harus meninggalkan bayinya sehingga menjadi masalah adalah cara pemberian asi yang diperah. Pemilihan media yang dianjurkan adalah botol susu bayi yang terbuat dari kaca atau plastic yang bahannya PP atau LDPE, cangkir bayi stainless atau plastic dengan bahan PP atau LDPE, dot silicon (bukan latex).

12.Media terbaik untuk memberikan asi perah adalah dari cangkir bukan botol dengan dot. Karena dengan penggunaan dot dapat menyebabkan bingung putting, maloklusi gigi( giginya jadi gak rapi), aspirasi ( asi dapat masuk ke paru2 hingga akhirnya jadi pneumonia) dan bisa membuat karies dentis dan tonsillitis karena susu tergenang di rongga mulut.

13.Bingung putting itu ada tingkat keparahannya juga. Bukan hanya bayi langsung tidak mau menyusu langsung, produksi asi yang turun setelah bayi sempat diberi minum lewat dot juga menandakan si bayi bingung putting sehingga isapan saat menyusu langsung tidak kuat dan membaut produksi asi berkurang.

14. Memeras asi manual :
– Cuci tangan, keringkan dengan lap bersih
– Letakkan mangkok atau gelas bermulut lebar dekat PD
– Ibu jari di atas areola, jari lain di bawah areola
– Dorong tangan ke arah dada/rusuk kemudian tekan areola hingga asi memancar keluar
– Tekan-lepas sampai terasa kosong, kurang lebih 3-5 menit
– Ubah posisi tangan mengikuti arah jam
–Bergantian dengan PD lain 20-30 menit

15. Cara menyimpan ASI
-ASIPerah (ASIP) dalam suhu ruangan 6-8 jam (dalam ruangan berAC lebih lama)
-ASIP dalam rak kulkas 1-2 hari
-ASIP dalam freezer 3-4bln
-ASIP dalam deep freezer 6 bln

16.Cara menggunakan ASIP :
-Ambil ASIP dari tempat penyimpanan sebanyak yang dibutuhkan bayi untuk sekali minum
-Hangatkan dengan merendamnya dalam air hangat atau panas
-ASIP tidak boleh direbus dimasukkan ke warmer atau microwave
-Dila dari freezer letakkan dulu di rak kulkas tunggu hingga cair

17. Memberikan ASIP dengan gelas :
-Cup feeding lebih dianjurkan tapi menggunakan cangkir biasa dengan permukaan yang tidak tajam juga gpp
-Cara ini tidak akan menghilangkan reflex hisap
-Tuangkan ASIP ke dalam gelas, gendong bayi setengah duduk, letakkan gelas di pinggir bibir bawah miringkan gelas sedikit bayi akan menjilati isi gelas atau menghisap pinggir gelas

Kesimpulan yang gw dapet dari seminar itu adalah

1.Say yes to ASI, Say no to susu formula

2.berkurangnya produksi asi bukan karena kita kurang makan atau kita tidak bisa memproduksi asi ( ada c yg ga bisa produksi asi tapi jumlahnya sedikiiit sekali). yang merangsang produksi asi itu isapan bayi di PD jadi kalo ternyata produksinya berkurang mungkin perlekatan bayi kita yang salah saat menyusui jadi isapannya tidak bisa merangsang produksi asi

3. Karena kita tidak tahu pasti apa isi susu formula. Ingetkan kejadian adanya kandungan melamin pada susu bayi di china dan kandungan enterobacter saccazaki di susu formula di Indonesia bahkan di amerika berulang kali terjadi penarikan susu formula ada yang mengandung melaminlah, mengandung pecahan kacalah, etc? Jadi mana kita tahu produsen susu itu masukkin ke dalam susu yang bakal di minum anak kita.

4.Asixlusif itu hanya memberikan asi saja selama 6 bulan pada bayi kita tapi bukan berarti setelah itu stop asi tetap harus diberikan selama mungkin selama produksinya masih ada biasanya c dua tahun. Tapi ada juga yang lebih bahkan katanya presiden sby aja minum asinya ampe 4 tahun makanya dia jadi presiden kali yah?:))

5.Jadi pilihan pertama minuman untuk bayi kita yah ASI dunk kalo gak bisa ( hanya 1 diantara 1000 ibu mungkin) cari ASI donor kalo gak bisa juga baru susu formula sebagai pilihan paling akhir itu juga kalo udah kepaksa bangeeeet.

6.Berikan asi hasil perah dengan sendok atau langsung dengan cangkirnya tidak dengan dot dan botol. Gw lihat videonya emang bisa tuh bayi langsung minum dari cangkirnya.

7.Buat para calon ibu yang mau melahirkan persiapkan bayinya untuk minum asi tidak dengan sufor. Cari rumah sakit yang pro ASI. Di bogor tuh RS Hermina. Pastikan kita bisa melakukan IMD bahkan saat kita harus operasi Caesar pun IMD tetap bisa dilakukan truz juga pastikan rooming in. kalopun nanti terpaksa melahirkan di rs yang gak pro ASI kalo mereka langsung ngasi susu formula ajarin aja tuh bidan atau susternya info yang kalian tahu tentang ASI karena mereka dijadiin agennya sufor ma produsen sufor makanya langsung2 ajah ngasi sufor.bahkan gw masih memendam rasa penyesalan and agak kecewa dengan bidan dan suster di rs tempat gw melahirkan qila dulu dan kurangnya gw mencari informasi ttg asi dan penggunaan susu formula..aduuuh ternyata mereka ga nguasain masalah laktasi yah kok bisa dapet izin praktek yah.

8.Kalo setelah usia di atas satu tahun mau ngasi susu tambahan, kasi susu uht ajah. Lebih baik karena pengawetannya kan dengan pasteurisasi tidak ditambahkan zat pengawet seperti susu formula bubuk.

9.Angka bayi yang mendapatkan asixlusif di Indonesia baru 32,4 % … dan gw mengira c ini dilakukan oleh para ibu di pedesaan karena mereka turun menurun mendapatkan ilmu untuk menyusui dari orang tuanya. Sementara wanita2 modern mungkin termakan bujuk rayu iklan dan kurang mendapat ilmu bagaimana cara menyusui sehingga akhirnya memilih susu formula. Karena menyusui itu learning behavior bukan bukan alami langsung ada caranya bagaimana mulut bayi harus terbuka, dagunya menempel kemana posisi ibunya gimana.

10.Buat bumil coba cari info sebanyak mungkin tentang asi biar lebih siap saat bayinya dah ada nanti. Kalo perlu ke klinik laktasi. Di Jakarta yang gw tahu ada di carolous.

11. buat para ibu yang terlanjur ngasi susu formula kan ada metode relaktasi..cari info sebanyak2nya aja ttg relaktasi sapa tahu bisa dicoba dan bisa memberikan asi lagi pada bayinya.

No comments:

Post a Comment